Strategi Viva Group Tingkatkan Pangsa Pasar Penonton

PT Visi Media Asia, Tbk (VIVA) membukukan pendapatan  Rp 2,77 triliun pada 2017 atau meningkat sebesar 3,3% dari Rp 2,68 triliun di tahun 2016.

Selain itu, laba bersih juga meningkat dari Rp 408,6 miliar di tahun 2016 menjadi Rp 151,7 miliar di tahun 2017. Presiden Direktur VIVA, Anindya Bakrie, mengungkapkan, peningkatan tersebut didorong oleh ANTV yang berhasil menjadi stasiun TV hiburan nomor satu di Indonesia dengan rata-rata TV share sebesar 15,1%, sementara TvOne berhasil mencatatkan rata-rata TV share  3,9% sebagai stasiun tv berita.

Menurutnya, salah satu strateginya dengan mensegmentasikan target penonton seperti ANTV yang sejak tahun 2013 difokuskan untuk penonton perempuan, sementara TvOne target penontonnya ke laki-laki. Keberhasilannya di ANTV ditopang dengan mengombinasikan konten lokal dan asing. “Kontennya kami olah, dengan membawa para bintang untuk lebih dekat dengan pemirsa dan ini terbukti sukses untuk meningkatkan loyalitas penonton,” jelasnya.

ANTV juga menganggap setiap jam tayang merupakan prime time untuk pemirsa yang dibidik. Ia mencontohkan pada jam 04.30-07.59 ditargetkan untuk anak-anak usia 5-14 tahun. Di jam tersebut ANTV menyiarkan film-film animasi yang digemari oleh anak-anak tersebut.

Sementara, TvOne sebagai TV berita, pihaknya selalu memilih topik berita dan menggunakan bahasa yang cocok dengan target penonton. Selain itu, TvOne juga menyiarkan program talkshow yang kini menjadi trademark dan memberikan kontribusi besar bagi perusahaan. Di olahraga, beladiri menjadi andalan One Pride Mixed Martial Arts  dan menjadi program peringkat teratas.

Ke depan, Anindya menargetkan pertumbuhan pendapatan hingga dua kali lipat dari pertumbuhan industri televisi nasional. “kami juga akan terus berusaha bersaing untuk mendapatkan pangsa pasar melalui konten hiburan, gaya hidup di ANTV, konten berita dan olahraga yang seru di TvOne, dan memperkuat di digital dengan mensinergikan platform secara offline seperti meet & great, event olahraga dan sebagainya,” jelasnya.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)