Total Premi Adira Insurance Capai Rp 700 Miliar

PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) mencatat pendapatan premi sebesar Rp 700 miliar pada periode Januari-Juni 2012. Angka ini baru 40% dari target perseroan yang mencapai Rp 1,7 triliun hingga akhir tahun 2012.

Jika dibandingkan dengan semester I tahun lalu, sebenarnya premi yang dikantongi Adira Insurance sudah melebihi 15%. Target premi Rp 1,7 triliun yang dipatok hingga akhir tahun juga jauh di atas realisasi total tahun 2011 yang sebesar Rp 1,4 triliun.

Menurut Indra Baruna, Presiden Direktur Adira Insurance, secara siklus pendapatan premi di semester kedua biasanya memang lebih tinggi dibanding semester pertama. Oleh karena itu, dia masih optimistis bisa mencapai target di akhir tahun nanti.

"Pencapaian pemasukan pendapatan premi biasanya signifikan di kuartal keempat nanti. Apalagi menjelang lebaran, akan ada kenaikan sektor pembiayaan kendaraan bermotor sekitar 10-15% dibanding bulan-bulan lainnya," ujar Indra di Jakarta, beberapa hari lalu.

Sementara itu Indra menjelaskan, perseroan akan melakukan penyeimbangan bisnis antara asuransi motor dan mobil. Saat ini rasio antara mobil yang diasuransi dengan yang belum diasuransi adalah 1:21, sedangkan motor 1:5. “Jadi peluangnya masih banyak untuk asuransi mobil,” kata Indra.

Menurutnya, penyeimbangan bisnis ini adalah untuk menyeimbangkan risikonya pula. “Antara motor dan mobil masing-masing memiliki ciri khas tersendiri dalam klaim dan patron yang berbeda pula,” jelasnya.

Saat ini porsi asuransi motor dan mobil di Adira Insurance adalah 65:35. Ke depannya akan lebih diseimbangkan menjadi 60:40 dan diharapkan tiga tahun mendatang 50:50. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)