Fokus Danai UMKM Digital, BRI Ventures Siap Kucurkan Rp 300 Miliar

Foto: Pixabay

BRI Ventures, perusahaan venture capital milik Bank BRI konsisten menjadi perusahaan ventura dalam permodalan UKM. Tekad ini diwujudkan dengan diluncurkannya Dana Ventura BVI Saham Alokasi Sembrani Nusantara, dana ventura yang disiapkan untuk penyertaan saham UMKM rintisan digital (startup).

CEO BRI Ventures, Nicko Widjaja, mengatakan, Indonesia memegang peran penting dalam pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia. Sehingga, startup menjadi next generation perkembangan digital.

Melalui Sembrani Nusantara, BRI Ventures menargetkan pengumpulan dana sebesar Rp 300 miliar yang akan disalurkan dalam bentuk penyertaan saham kepada startup di Indonesia. Investasi bakal dilakukan pada 15 UMKM digital (startup).

“Kami ingin menyiapkan iklim investasi yang lebih luas kepada investor melalui dana ventura yang diawasi dan dimonitor oleh OJK,” kata Nicko dalam konferensi pers virtual, Rabu (24/6/2020).

Nicko juga menyebut, yang paling penting dalam sebuah startup adalah business fundamental. Lanskap startup juga telah mengalami shifting menjuju lebih sustain. Pendanaan akan difokuskan untuk early growth stage atau pendanaan awal seri A, sehingga Sembrani Nusantara membuka peluang bagi investor luar untuk bergabung.

Dengan motto “Unlocking Nusantara Potential”, Sembrani Nusantara akan menggali potensi talenta-talenta muda di seluruh Indonesia. Dengan mengusung filosofi investasi “value over valuation”, Sembrani Nusantara akan mewujudkan keterlibatannya dalam pertumbuhan ekosistem digital nasional.

Selama ini, BRI Ventures lebih dikenal dengan pendanaan kepada fintek, kini memperluas jangkauannya. Sektor yang dibidik adalah Pendidikan, ritel, agro-maritim, transportasi, dan kesehatan.

Nama Sembrani diambil dari mitos pewayangan, yaitu kuda yang dimiliki Batara Wisnu. Sebutan unicorn yang berasal dari Silicon Valley sudah kurang cocok dengan ekosistem startup Indonesia saat ini. Sehingga diambillah nama Sembrani dengan harapan muncul sembrani-sembrani atau talenta digital Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
BRI Ventures

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)