Hasil RUPS, Saratoga akan Bagikan Dividen dan Buyback Saham | SWA.co.id

Hasil RUPS, Saratoga akan Bagikan Dividen dan Buyback Saham

RUPS SRTG sepakati pembagian dividen Rp 1 triliun dan buyback saham. (Dok SRTG)

PT Saratoga Investama Sedaya (SRTG) akan membagikan dividen tunai sebesar Rp 1 triliun atau sekitar Rp 75 per saham. Emiten ini juga akan melakukan pembelian kembali (buyback) saham perusahaan dengan anggaran sebanyak-banyaknya Rp 150 miliar selama periode 15 Mei 2023- 30 Juni 2024. Hal tersebut merupakan bagian dari keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Saratoga yang digelar hari ini (15/5) di Jakarta.

Direktur Keuangan Saratoga Lany D. Wong mengatakan Saratoga berhasil membukukan kinerja investasi yang tetap positif di tengah kondisi pasar modal yang menurun. Sementara perekonomian domestik dan global masih penuh tekanan akibat inflasi dan suku bunga yang terus meningkat. 

Pertumbuhan investasi Saratoga tercermin dari kenaikan Net Asset Value (NAV) perusahaan sebesar 8% menjadi Rp 60,9 triliun. Perusahaan juga berhasil mencatat pendapatan dividen terbesar sepanjang sejarah Saratoga yaitu senilai Rp 2,6 triliun.

“Komitmen kami adalah terus meningkatkan nilai portofolio Saratoga dengan mengoptimalkan setiap peluang investasi melalui strategi yang terukur, disiplin dan penuh kehati-hatian. Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan para pemegang saham yang membuat strategi investasi Saratoga dapat dijalankan dengan sangat baik,” kata Lany melalui keterangan resmi di Jakarta, Senin (15/05/2023).

Pada 2022 perusahaan-perusahaan portofolio investasi Saratoga memberikan kontribusi terhadap penguatan fundamental perusahaan melalui pencapaian kinerja yang positif dan peningkatan jumlah pembagian dividen. Dengan dukungan arus kas yang kuat, tahun lalu Saratoga memangkas posisi utang lebih dari 60%, sehingga posisi utang bersih perusahaan menjadi Rp 688 miliar.

Direktur Investasi Saratoga Devin Wirawan menjelaskan, RUPSLB yang digelar pada hari ini juga telah menyetujui pelaksanaan program buyback saham Saratoga. Pihaknya percaya bahwa nilai saham Saratoga masih memiliki ruang yang sangat lebar untuk terus bertumbuh sesuai dengan performa NAV yang positif. 

“Secara fundamental, investasi di perusahaan portofolio memiliki rekam jejak yang solid, baik dari aspek nilai portofolio maupun pendapatan dividen. Hal ini terbukti dari NAV Saratoga yang sudah mencapai Rp 60,9 triliun pada tahun 2022, di mana sebelumnya baru sebesar Rp 15,7 triliun di tahun 2018,” kata Devin.

Pada RUPST dan RUPSLB hari ini pemegang saham juga menyetujui sejumlah agenda. Diantaranya adalah persetujuan atas laporan tahunan tahun buku 2022 dan pengesahan laporan keuangan yang berakhir pada 31 Desember 2022. Seluruh direksi dan dewan komisaris mendapatkan pembebasan tanggung jawab (acquit et de charge) untuk periode tersebut. Pemegang saham melalui RUPSLB juga menyetujui penggunaan saham treasury perseroan untuk program insentif jangka panjang karyawan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)