HOKI Targetkan Pengurangan Emisi Karbon 2,5% Tahun 2021

Sukarto Bujung, CEO PT Buyung Poetra Sembada
HOKI menerima sertifikasi bekelanjutan dari The Planet Mark UK. Sukarto Bujung, CEO dan pendiri PT Buyung Poetra Sembada Tbk. (dok SWA)

PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI), emiten produsen beras merek Topi Koki dan HOKI, memperoleh Sertifikasi Berkelanjutan (sustainability) yang dikeluarkan oleh The Planet Mark UK yang berlaku hingga 31 Agustus 2021. Perseroan memenuhi kriteria Environmental, Social and Governance (ESG) sehingga sertifikasi keberlanjutan yang diakui internasional dan tepercaya ini menandaskan komitmen HOKI untuk turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan mengurangi jejak karbon sebesar 2,5% di tahun 2021.

Budiman Susilo, Direktur HOKI mengatakan sertifikasi ini merupakan untuk tahun pertama HOKI. “Ke depannya kami akan terus melakukan upaya-upaya pengurangan karbon baik dalam proses produksi maupun dalam packaging,” ujar Budiman dalam keterangannya seperti dikutip SWA Online di Jakarta, Rabu (16/9/2020). Dalam mendapatkan sertifikasi ini, HOKI bekerjasama dengan Turnkey Group, lembaga Operational Sustainability Software & Supply Chain Risk Platform (Sustain-Tech) yang termodulasi. HOKI menggunakan Sustain-Tech SaaS Platform dari Turnkey Group untuk digitalisasi yang memproses data lingkungan perusahaan, serta memetakan analitik dan pelaporannya menurut Program Sertifikasi Keberlanjutan Internasional yang terhubung dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB (UN Sustainable Development Goals).

Total jejak karbon HOKI periode Januari 2019 hingga Desember 2019, seperti tercatat dalam sertifikasi, adalah sebesar 5.431,57 tCO2e (tonnes of carbon dioxide equivalent). Budiman menambahkan di tahun pertama, energi yang diukur adalah dari penggunaan listrik, bahan bakar dan pengemasan. “Untuk tahun depan kami diberikan target pengurangan karbon sebesar 2,5% atau sebesar 135,8 tCO2e,” tutur Budiman.

Melalui sertifikasi ini, HOKI turut berkontribusi pada Sustainable Development Goals (SDGs), aksi global untuk berbagai masalah pembangunan sosial dan ekonomi serta energi. HOKI berkontribusi terhadap empat tujuan dan lima target SDGs, yaitu untuk tujuan Kota dan Komunitas yang Berkelanjutan, Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab, Penanganan Perubahan Iklim, dan Menjaga Ekosistem Darat.

Bentuk kontribusi yang diberikan adalah melalui pengukuran jejak karbon, turut menjaga kelestarian hutan hujan tropis serta berdonasi untuk The Eden Project, badan amal yang berpusat di Cornwall, Inggris untuk mendukung pendidikan tentang perubahan iklim. Selain melalui Sertifikasi ESG, HOKI terus berupaya meningkatkan produksi secara bertanggung jawab dengan memanfaatkan limbah hasil produksi dengan target zero waste, antara lain membangun Pembangkit Listrik Tenaga Sekam Padi di Sumatera Selatan, menggunakan limbah sekam padi di semua mesin pengering (dryer), serta limbah padi lainnya didistribusikan ke pihak lain atau diproses menjadi pelet sekam sebagai bahan bakar ramah lingkungan. “Dengan begitu, HOKI telah mendukung ekonomi rendah karbon, dengan menargetkan sistem produksi beras tanpa meninggalkan limbah atau zero waste serta mengurangi dampak pencemaran lingkungan,” lanjut Budiman.

Diharapkan melalui sertifikasi ESG serta penerapan dashboard dari Turnkey Group ini dapat mendukung HOKI untuk terus mengembangkan strategi keberlanjutan jangka panjang dan bertahap memperluas kemampuan digitalisasi, pemantauan, dan pelaporan data ke dalam aspek sosial dan tata kelola.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)