Industri Reksa Dana Tahun Ini Diprediksi Tumbuh 5-10%

PT Syailendra Capital memprediksi industri reksa dana dalam negeri akan mengalami pertumbuhan sebesar 5-10% pada 2021. Jenis reksa dana yang berpotensi tumbuh paling optimal adalah reksa dana saham, reksa dana indeks, reksa dana pendapatan tetap, dan reksa dana pasar uang.

"Saya memprediksi, tahun ini pertumbuhan industri reksa dana akan kembali mulai normal, dan naik di kisaran 5-10 %," ujar Fajar R Hidayat, Presiden Direktur Syailendra Capital dalam keterangan resmi, Rabu (14/04/2021).

Untuk itu, PT Syailendra Capital telah menyiapkan beberapa produk baru reksa dana berbasis ritel di tahun ini. Perseroan membentuk produk untuk menangkap peluang pertumbuhan investor ritel yang cukup pesat belakangan ini. Pihaknya juga akan menyiapkan beberapa produk reksa dana indeks.

Fajar menilai pasar reksa dana indeks masih punya ruang yang sangat besar untuk terus tumbuh. Terlebih, reksa dana indeks menawarkan transparansi yang akan memudahkan investor. "Dengan berbagai produk reksa dana baru yang sudah disiapkan ini, kami optimistis Syailendra bisa mencatatkan pertumbuhan dana kelolaan sebesar 5-10 % dibandingkan tahun lalu," ungkapnya.

Pada akhir tahun lalu, dana kelolaan Syailendra Capit mencapai Rp 23,43 triliun. Sementara per akhir Februari 2021, dana kelolaan Syailendra tumbuh 4,35% menjadi Rp 24,45 triliun. Jika ditambah dengan Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT) dan Kontrak Pengelolaan Dana (KPD) maka total dana kelolaan Syailendra mencapai Rp26,14 triliun. Fajar mengatakan Syailendra saat ini menguasai 4,15% market share dari seluruh dana kelolaan industri manajer investasi.

Selain memacu kinerja dana kelolaan, Syailendra juga terus memperluas channel distribusi. Terdiri dari direct channel yakni Syailendra Retail & Institutional Sales Representative. Lalu di semester II pembelian secara online melalui aplikasi Syailendra juga bisa dilakukan. Ada juga indirect channel melalui bank, sekuritas, financial technology dan marketplace seperti Tokopedia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)