Ini Dia Sejumlah Kesalahan dalam Investasi Emas

Perkembangan digital turut memengaruhi bidang investasi. Selain saham dan reksadana, digitalisasi investasi juga merambah investasi emas. Terbukti dengan investasi emas yang semakin seamless melalui sejumlah platform digital, salah satunya adalah IndoGold.

Investasi emas secara online tidak hanya menghadirkan kemudahan transaksi, tapi juga memberikan kesempatan masyarakat untuk berinvestasi dalam jumlah kecil. Co-founder dan CMO IndoGold Indra Sjuriah mengatakan masyarakat berinvestasi emas kecil-kecilan secara rutin sesuai kemampuan finansial dan tujuan investasi.

“Selain itu, investasi emas secara online mudah diakses dan dipantau kapan saja dengan harga emas yang diperbarui setiap harinya. Tak hanya itu, IndoGold juga dilengkapi dengan metode pembayaran digital, seperti ShopeePay, untuk mempermudah pembayaran,” tutur Indra.

Namun menurut Indra, ada beberapa kesalahan utama dalam berinvestasi emas secara online yang patut dihindari. Pertama, cashflow yang masih berantakan. Sebelum memulai investasi, sebaiknya masyarakat melakukan pengelolaan keuangan pribadi secara efektif dan efisien, sehingga dapat memiliki cash flow yang positif. Jika cash flow dalam keadaan sebaliknya, sebaiknya tunda dulu berinvestasi menggunakan ‘uang panas’.

Kedua, tidak menentukan tujuan investasi. Sebab, investasi adalah kendaraan untuk mencapai tujuan keuangan berskala besar seperti dana pendidikan, dana pensiun, dan lain sebagainya. Tanpa memiliki tujuan investasi, keuntungan yang ingin dicapai akan lebih sulit untuk digapai. Aspek tersebut berguna dalam menentukan seberapa besar risiko investasi yang sanggup diambil. Selain itu, tujuan investasi berguna untuk menentukan periode investasi serta besaran dana.

Ketiga, tidak memantau harga emas. Mempergunakan emas sebagai investasi jangka pendek merupakan hal yang tidak disarankan. Meskipun harga emas cenderung naik dalam kurun waktu yang panjang, namun harga emas mengalami fluktuasi dalam jangka pendek karena emas sebagai komoditas diperdagangkan. Investasi pada instrumen ini akan lebih menguntungkan apabila diaplikasikan dalam periode jangka panjang, yaitu minimal 5 tahun.

IndoGold  juga bekerja sama dengan layanan pembayaran digital terpercaya, ShopeePay. Pada program Shopee Mantul Sale 25-27 Agustus 2021, masyarakat bisa membeli emas dan mendapatkan cashback 100% dengan nilai cashback hingga Rp15.000 melalui Shopee.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)