Investor Milenial Berpeluang Menjaring Rp 1 Miliar

i. Fajrin Noor Hermansyah, Head of Wealth Management Division PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia

Investor milenial dipacu menunjukkan ketrampilannya berinvestasi saham di kompetisi trading saham online Hots Championship 4 yang berlangsung hingga 2 Juli nanti. Fajrin Noor Hermansyah, Head of Wealth Management Division PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia (Mirae Asset Sekuritas), mengatakan perusahaan sedang menggalakkan aktivitas investasi dan transaksi di pasar modal dari kalangan investor muda atau biasa disebut milenial. Salah satu aktivitas tersebut adalah mengajak investor muda turut serta dalam kompetisi trading saham online Hots Championship 4 yang berlangsung hingga 2 Juli nanti.

Kali ini, kompetisi online trading saham terbesar di Indonesia ini menyodorkan hadiah Rp 1 miliar dan membuat liga (league) baru bernama Millennial League untuk investor muda berumur 17-23 tahun dengan nilai aset di bawah Rp 10 juta. Dua liga lain adalah Champs League (aset Rp10 juta-Rp200 juta) dan Premier League (di atas Rp 200 juta). “Kesempatan dibuka agar generasi milenial pasar modal turut merasakan pengalaman bertransaksi dan berkompetisi sekaligus mengicip cuan dalam Hots Championship 4,” tutur Fajrin di Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Saat ini, lanjut Fajrin, nasabah Mirae Asset Sekuritas dari kelompok umur milenial berporsi sekitar 30% dari total nasabah perusahaan. Dengan demikian, nasabah milenial turut berkontribusi terhadap pencapaian Mirae Asset Sekuritas yang masih memiliki gelar sebagai sekuritas terbesar. Tahun lalu, Mirae Asset Sekuritas menjadi perusahaan efek terbesar dari sisi nilai transaksi saham yaitu Rp 410 triliun, meroket 97% dibanding 2019. Pada periode 4 bulan pertama 2021, data Bursa Efek Indonesia menunjukkan nilai transaksi Mirae Asset Sekuritas mencapai Rp 284 triliun, tertinggi di dalam negeri dan berselisih hampir Rp 100 triliun dari sekuritas pesaing terdekat dengan nilai transaksi senilai Rp 186 triliun.

Pada kesempatan terpisah, Tae Yong Shim, CEO & Presdir Mirae Asset Sekuritas, mengatakan kompetisi HOTS Championship 4 ini diharapkan dapat membuat lebih banyak investor di bursa saham yang aktif bertransaksi. Catatan Bursa Efek Indonesia menunjukkan bahwa jumlah investor aktif harian di bursa mengalami peningkatan tajam pada 2020 lalu yaitu lebih dari 70% menjadi 95.000 investor dari tahun sebelumnya hanya 55.000 investor. Per April 2021, otoritas bursa juga mencatat jumlah investor aktif harian sudah naik menjadi 228.000 investor, atau naik 140% dari tahun lalu. “Ada liga baru yaitu Millennial League guna mengakomodasi besarnya keinginan nasabah muda dan pemula dengan aset di bawah Rp 10 juta yang ingin ikut serta HOTS Championship 4,” tutur Tae Shim. Selain hadiah itu, tiga pemenang dari masing-masing liga juga akan dihitung dan mendapatkan hadiah setiap pekan.

Mirae Asset Sekuritas juga sedang mendorong komunitas mahasiswa untuk mengenal pasar modal melalui HOTS Championship 4 terutama di kampus yang bekerja sama membuka Galeri Investasi BEI. Ada lima lokasi yaitu Trisakti School of Business di Grogol dan Bekasi, Sampoerna University di Pancoran, dan STIE YKPN di Yogyakarta. Terakhir adalah Politeknik STIE LAN di Pejompongan yang baru menandatangani surat kerja sama.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)