Japfa Bangun Pabrik Pakan Ternak di Deli Serdang

(kiri) Antonius Harwanto, Deputy COO Poultry Division PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk;

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. (Japfa) melakukan ekspansi bisnis melalui peresmian anak usahanya, PT Indojaya Agrinusa (Indojaya). Memiliki nilai investasi sebesar Rp 600 miliar, pabrik terbaru Indojaya itu berlokasi di Kawasan Industri Modern 4, Deli Serdang, Sumatera Utara diresmikan oleh Wakil Bupati Deli Serdang, H. M. Ali Yusuf Siregar.

“Kami berkeyakinan, kehadiran pabrik pakan ternak ini dapat memacu pertumbuhan ekonomi di daerah ini dan sekaligus berkontribusi penuh dalam hal membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat, terutama masyarakat disekitar perusahaan ini, serta menambah pendapatan asli daerah yang nantinya muaranya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucap Yusuf dalam pernyataan tertulis di Medan, Selasa (9/7/2019).

Berdiri di atas lahan seluas 12 ha, pabrik baru Indojaya merupakan perluasan dari pabrik sebelumnya yang berada di wilayah Tanjung Morawa, Deli Serdang. Pabrik ini hadir sebagai solusi atas kebutuhan akan pasokan pakan ternak, di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Pekan Baru & Kepulauan Riau, dengan kualitas produk berstandar internasional.

Vice President, Head of Feed Operation Unit Medan & Padang Japfa, Anwar Tandiono, mengatakan perluasan pabrik di area Kawasan Industri Modern ini, mencerminkan komitmen yang kuat untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia. Saat ini kapasitas produksi pabrik sebesar 20.000 ton per bulan, namun nantinya pabrik memiliki kapasitas produksi maksimal sebesar 40 ribu ton per bulan.

Di area yang sama juga sedang dilakukan proses pembangunan Pabrik Pakan Ikan dan Udang yang memiliki kapasitas produksi pakan ikan apung sebesar 9.500 ton per bulan, pakan ikan tenggelam sebesar 2.000 ton per bulan, dan pakan udang sebesar 700 ton per bulan. Pabrik baru Indojaya ini menyerap 80% Sumber Daya Manusia dari masyarakat lokal.

Indojaya menjaga kualitas pakannya dengan menggunakan bahan baku terbaik, teknologi terkini, serta melalui proses pengendalian mutu yang ketat dalam proses produksinya. “Demi menghasilkan produk pakan terbaik dan terpercaya bagi para pelanggan dan mitra peternak, kami secara konsisten terus melakukan penelitian dan pengembangan teknologi nutrisi dan pakan, yang sesuai dengan iklim tropis di Indonesia,” ujar Anwar yang biasa disapa Acai.

Dalam kesempatan tersebut, Acai juga menyampaikan bahwa peresmian pabik baru Indojaya ini merefleksikan dan menegaskan komitmen perusahaan untuk terus membantu pemerintah dalam mewujudkan kemandirian pangan, khususnya dalam membantu menyediakan pasokan protein hewani yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Indojaya merupakan salah satu anak usaha Japfa yang bergerak dalam bidang agribisnis, dengan memiliki lini kegiatan produksi pakan ternak, pembibitan ayam dan Kemitraan budidaya ayam broiler (pedaging), serta budidaya perairan. Dalam menjalankan operasinya, Indojaya melakukan kegiatan produksi yang ramah lingkungan dan kepedulian terhadap pengembangan masyarakat.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)