Jokowi Resmikan Pembangunan Industri Baterai Listrik Terintegrasi

Pemerintah Indonesia mengklaim pembangunan industri baterai listrik terintegrasi di Batang, Jawa Tengah merupakan yang pertama di dunia.

Presiden Jokowi meresmikan dimulainya tahapan pembangunan industri baterai listrik terintegrasi, Rabu (08/06/2022), di KITB, Batang, Jateng. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)
Presiden Jokowi meresmikan dimulainya tahapan pembangunan industri baterai listrik terintegrasi, Rabu (08/06/2022), di KITB, Batang, Jateng. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Presiden Joko Widodo telah meresmikan pembangunan industri baterai listrik terintegrasi tahap II, di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), di Batang, Jawa Tengah.

Pembangunan industri baterai listrik terintegrasi yang merupakan investasi dari konsorsium LG Energy Solution itu diklaim sebagai investasi pertama di dunia yang mengintegrasikan produksi kendaraan listrik mulai dari hulu sampai ke hilir.

“Investasi LG ini merupakan investasi pertama di dunia yang mengintegrasikan produksi kendaraan listrik dari hulu sampai ke hilir, dimulai dengan penambangan nikel smelter, pabrik precursor, pabrik katoda kemudian baterai listrik, battery pack hingga mobil listrik. Masih Ditambah lagi dengan industri daur ulang baterai,” ungkap Jokowi dalam sambutannya pada Acara Peresmian Pembangunan Industri Baterai Listrik Terintegrasi, di KITB, Batang, Jawa Tengah, Rabu (8/6).

Adapun total investasi yang digelontorkan dalam pembangunan industri terintegrasi ini mencapai Rp142 triliun atau setara dengan USD9,8 miliar. Jokowi pun merasa senang bahwa investasi tersebut setidaknya dapat menyerap tenaga kerja lokal hingga 20.000 orang.

Selain di Batang, Jawa Tengah, ujar Jokowi, hilirisasi industri baterai listrik ini telah menyebar di seluruh pelosok tanah air. Ia merinci dari sisi pertambangan peleburan smelter untuk nikel berlokasi di Halmahera, Maluku Utara. Sementara untuk industri pemurnian, industri refinery atau pemurnian, industri precursor serta industri katoda, terdapat di KITB, Batang, Jawa Tengah.

“Kemudian pabrik baterai yang sedang juga dibangun ada di Karawang, dan pabrik mobil listriknya ada di Cikarang, tersebar ini sangat baik. tidak hanya di Jawa saja tapi luar Jawa juga banyak dibangun untuk investasinya,” jelasnya.

Pages: 1 2 3 4

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)