Jurus Garudafood Cetak Laba Bersih Melonjak Rp370 Miliar

Paulus Tedjosutikno Direktur Garudafood (Foto: Nike/Swa)

PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk mencatatkan kinerja positif di YTD 3Q2021 dengan total penjualan bersih sebesar Rp6,37 triliun atau tumbuh 10,9% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Laba bersih yang dibukukan juga mengalami peningkatan 87,6% atau Rp370 miliar jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya dan diikuti dengan laba per lembar saham ynaik 48,9%.

Paulus Tedjosutikno Direktur Garudafood mengungkapkan, pertumbuhan positif dari segmen makanan sebesar 11,1% ini bersumber dari penjualan di pasar domestik yang ditopang oleh kontribusi produk snack coated, dairy, wafer stick dan confectionary. Di samping itu, kontribusi penjualan entitas anak usaha Garudafood yaitu PT Mulia Boga Raya Tbk (KEJU) yang diakuisisi pada Oktober 2020 lalu juga turut mengerek penjualan yang positif ini. Pada kuartal III-2021 penjualan KEJU tumbuh 7% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Garudafood menyadari di pasar ritel belum pulih seutuhnya dan aktivitas masyarakat belum sepenuhnya normal namun pihaknya tetap optimis untuk terus bisa konsisten mempertahankan kinerja positif ini di tahun depan. “Kenaikan harga komoditas ikut berdampak pada harga pokok penjualan kami. Namun, sejauh ini kami berusaha untuk menangani hal ini agar tidak dirasakan langsung oleh konsumen,” ujarnya.

Seperti dilansir pada laporan keuangan Garudafood pada Semester I-2021 Garudafood mencatatkan pertumbuhan 6,9% atau sebesar Rp3.914 miliar dan diikuti dengan pertumbuhan laba bersih yakni 102% menjadi Rp232 miliar dari Rp115 miliar di periode yang sama tahun lalu.

Hingga akhir tahun, perusahaan optimistis dapat terus tumbuh dan mempertahankan kinerjanya dengan fokus pada pendistribusian, pemerataan produk serta konsisten menjaga kualitas produk-produk Garudafood. Selain itu, Garudafood juga terus membuka dan menangkap peluang open collaboration dengan berbagai stakeholders untuk menunjang strategi pertumbuhan bisnis.

Seperti pada tahun lalu, Garudafood meluncurkan produk inovasi menggandeng partner global untuk produk snack Garuda dengan merek Garuda Potato dan Garuda O’Corn yang merupakan produk pertama dari extend brand Garuda ke kategori non peanut. Setelah satu tahun diluncurkan, Garuda Potato dan Garuda O’Corn mampu menjadi salah satu source of growth Garudafood di 2021 ini. Pada November 2021 mendatang akan mengedukasi masyarakat untuk sub brand baru yaitu Garuda Crunchy.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)