Jurus Raiz Indonesia dan Trimegah Memasarkan Reksa Dana

Tangkapan layar (Vicky Rachman/SWA).

PT Raiz Invest Indonesia (Raiz Indonesia) dan PT Trimegah Asset Management berkolaboarasi untuk memasarkan produk reksa dana Trimegah Fixed Income Plan (TFIP) yang dilengkapi fitur perlindungan asuransi jiwa. Raiz Invest, adalah platform investasi keuangan.

Fahmi Arya Wicaksana, CEO Raiz Indonesia, mengatakan pihaknya dalam memasarkan dan meningkatkan literasi mengenai reksa dana ini adalah memberikan pendampingan kepada nasabah atau investor yang disesuaikan dengan profil risiko dan produk reksa dana yang disesuaikan dengan kebutuhan atau kebiasaan hidup nasabah. Hal senada disampaikan oleh Antony Dirga, CEO Trimegah Asset Management.

Fahmi menyampaikan metode itu merupakan strategi Raiz Indonesia untuk melakukan peneterasi ke segmen investor ritel di pasar reksa dana. “Ini cara kami masuk ke pasar ritel yang nature-nya berbeda yang dengan segmen ritel yang terbiasa menyisihkan penghasilan untuk membeli produk investasi dan keuangan,” ujar Fahmi dalam jumpa pers virtual di Jakarta (10/11/2021).

Raiz Invest telah memiliki lebih dari 400.000 akun, atau tumbuh 50% dari posisi akhir tahun lalu yang sekaligus melampaui target 350.000 akun yang awalnya ditetapkan hingga akhir tahun ini. Dari jumlah itu, nasabah aktif agen penjual reksa dana (Aperd) online itu mencapai 200.000 akun nasabah.  “Dengan demikian, kami menargetkan dapat menjaga momentum pertumbuhan jumlah nasabah dan pendapatan perseroan sebesar 10% per bulan. Setelah fase keberlangsungan ini terjaga, Raiz Indonesia mulai berinovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap ragam produk keuangan di platform perusahaan,” ujar Fahmi.

Lonjakan pertumbuhan nasabah tersebut juga dibarengi dengan pertumbuhan nilai produk reksa dana yang dijual (fund under management/FUM) Raiz Indonesia senilai Rp 6 miliar dan ditargetkan naik menjadi Rp 10 miliar pada akhir tahun ini.  Fahmi mengatakan pengembangan Raiz Indonesia mulai digiatkan menjelang akhir tahun ini dalam bentuk pengembangan produk, pengembangan manajemen, dan pengembangan fitur. Salah satu bentuk pengembangan produk adalah didistribusikannya produk reksa dana Trimegah Fixed Income Plan (TFIP) yang dilengkapi fitur perlindungan asuransi jiwa. 

TFIP adalah produk Reksa Dana Pendapatan Tetap yang dikelola oleh perusahaan manajemen aset, Trimegah Asset Management dan dipasarkan oleh Raiz Indonesia sebagai Aperd. Antony mengatakan produk reksa dana tersebut memiliki mayoritas portofolio investasi berupa obligasi korporasi dengan durasi 2-3 tahun dan peringkat minimal di atas level layak investasi (investment grade). Investor, lanjutnya, dapat berinvestasi pada TFIP mulai dari Rp 100.000. “Uniknya, investor TFIP dengan investasi di atas Rp 10 juta akan mendapatkan asuransi jiwa gratis dengan nilai uang pertanggungan hingga Rp 1 miliar. Fitur tambahan berupa manfaat asuransi tersebut  disediakan PT Avrist Assurance tanpa dikenakan biaya premi tambahan serta tanpa memotong nilai investasi reksa dana nasabah,” ujar Antony merincikan.

Layanan asuransi tersebut melengkapi dua manfaat TFIP yang lain. Kedua manfaat itu adalah pertumbuhan investasi dari harga obligasi yang menjadi portofolio investasi produk reksa dana tersebut, serta pendapatan berkala dari pembagian hasil investasi (PHI) setiap kuartalan sebesar 1% atau setara 4% setiap tahun.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)