Jurus Turnaround BIRD Mencetak Laba

Vaksinasi supir taksi Bluebird. (Ilustrasi foto : Blue Bird)

Direktur Utama BIRD Sigit Djokosoetono mengatakan perseroan berusaha beradaptasi dengan cara-cara baru di bisnis transportasi. “Pencapaian tahun lalu merupakan hasil kerja keras, dedikasi, dan profesionalisme semua insan yang tergabung dalam keluarga besar Blue Bird. Melalui berbagai kolaborasi dan peningkatan teknologi untuk memberikan perjalanan yang lebih baik, lebih aman, dan lebih nyaman bersama Blue Bird," ucap Sigit di Jakarta, Rabu (30/3/2022).

Lebih lanjut, Sigit menyampaikan perseroan telah mempelajari pentingnya menemukan cara baru yang lebih efisien dan produktif dalam memberikan layanan berkelanjutan dan hemat biaya. Sigit, dalam keterangan tertulisnya itu, menyebutkan berbagai pencapaian positif yang dicapai serta kinerja keuangan yang lebih solid. “Blue Bird kini memiliki fundamental yang jauh lebih baik dalam menghadapi tantangan dan dalam mengembangkan kegiatan bisnisnya ke depan," ungkapnya.

BIRD mencatatkan keuntungan sebesar Rp 8,7 miliar pada 2021. Angka ini naik sebesar 105,3% jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.  Pada periode itu, pendapatan bersih Blue Bird mencapai Rp 2,2 triliun, tumbuh hampir 8,5% dibandingkan tahun sebelumnya dan menghasilkan keuntungan yang lebih baik dengan laba kotor sebesar Rp 419 miliar, meningkat hampir 48% dibandingkan angka laba kotor di tahun sebelumnya. EBITDA (pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi) BIRD mengalami kenaikan sebesar 42,3% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya, yaitu dari menjadi Rp 454,5 miliar pada tahun 2021.

Hingga akhir tahun 2021, kas bersih Blue Bird tercatat sebesar Rp 945 miliar, meningkat 18,4% dibandingkan akhir tahun 2020, yang tercatat di angka Rp 799 miliar. Pencapaian kinerja tahun 2021 tersebut menunjukkan perseroan telah melakukan strategi penyesuaian yang tepat dalam melaksanakan pengelolaan pengeluarannya, sehingga Blue Bird mampu menciptakan sistem operasi yang lebih efisien sejalan dengan dinamika yang terjadi tanpa mengorbankan kualitas layanan kepada penumpang.

Capaian 2021

Performa bisnis perusahaan kembali diuji untuk mencapai level terbaiknya sejalan dengan dinamika pembatasan mobilitas yang ditetapkan oleh pemerintah guna menekan laju penyebaran Covid-19 pada kuartal pertama dan ketiga tahun 2021. Selama tahun 2021, Blue Bird melakukan berbagai inisiatif di bidang inovasi dan pengembangan berbagai produk dan layanan, memperkuat kolaborasi dengan berbagai mitra industri, memastikan penerapan prosedur dan protokol kesehatan yang ketat dan konsisten yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para penumpang, hingga terjadinya peningkatan pemulihan mobilitas masyarakat.

Pada kuartal IV/2021, Blue Bird berhasil mencetak pertumbuhan pendapatan secara signifikan sebesar 91%, dan peningkatan laba bersih sebesar 290% dibandingkan kuartal sebelumnya. Blue Bird berhasil membukukan pendapatan bersih sebesar Rp 771 miliar dan laba bersih sebesar Rp 75 miliar, dibandingkan dengan pendapatan bersih pada kuartal III tahun lalu itu. Di tengah pandemi global yang melanda sektor transportasi, Blue Bird tidak hanya mampu bertahan, namun sekaligus terbukti mampu melakukan turnaround lantaran hanya dalam periode satu tahun dari mengalami kerugian besar di tahun 2020 lalu berhasil mencetak keuntungan di 2021.

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)