Kalbe Farma Tebar Dividen Rp 1,3 Triliun

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Kalbe Farma Tbk yang digelar di Gedung Kalbe Business Innovation Center, Jakarta, Kamis (27/05/2021) menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp1,3 triliun atau sebesar Rp28 per saham.

Direktur Keuangan PT Kalbe Farma Tbk, Bernadus Karmin Winata mengatakan, sesuai dengan peraturan pasar modal yang berlaku, pembayaran dividen akan dilakukan dalam waktu selambat-lambatnya 30 hari setelah pengumuman hasil RUPST dengan jadwal dan tata cara yang akan segera diumumkan.

"Maksimal sebulan setelah hari ini akan dibagikan lagi dividen sebesar Rp 28 per saham," ujarnya dalam konferensi pers secara virtual. Adapun dividen interim sebesar Rp281,3 miliar telah dibagikan kepada pemegang saham pada tanggal 18 Desember 2020 atau sebesar Rp6 per saham, sehingga total pembagian dividen final adalah sebesar Rp 1,6 triliun.

Mengutip laporan keuangan, sepanjang tahun 2020 perusahaan mencatatkan pendapatan bersih meningkat 2,17% yoy menjadi Rp 23,12 triliun. Sementara laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tercatat Rp 2,73 triliun atau naik 8,76% yoy.

Di tahun 2021, Perseroan tetap optimistis akan potensi pertumbuhan dan memproyeksikan peningkatan penjualan dan laba bersih sebesar 5-6%. Dana belanja modal dianggarkan sebesar Rp1 trilliun untuk meningkatkan kapasitas produksi dan jaringan distribusi Perseroan.

Anggaran belanja juga akan digunakan untuk pemeliharaan dan penyelesaian proyek tahun sebelumnya. Dengan mempertimbangkan arus kas dan kebutuhan dana operasional maupun investasi, Perseroan akan berupaya mempertahankan kebijakan untuk membagikan dividen sekitar 45-55% dari laba bersih.

"Dalam rangka mengurangi dampak Covid-19, Kalbe akan terus berinovasi dalam menyediakan produk obat, vitamin, suplemen, alat kesehatan, tes laboratorium, tes diagnostika, uji klinis vaksin dan produk herbal untuk masyarakat. Kalbe terus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat untuk internal maupun eksternal serta melakukan edukasi kepada pasar melalui berbagai channel," ujar Direktur Utama Kalbe Farma Vidjongtius.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)