Capital Market & Investment

Kinerja Anteraja Ciamik, Laba Bersih ASSA Tumbuh 123%

Kinerja Anteraja Ciamik, Laba Bersih ASSA Tumbuh 123%
Presiden Direktur ASSA, Prodjo Sunarjanto. (Foto : Majalah SWA)

Pendapatan PT Adi Sarana Armada Tbk pada Kuarta I/2022 mengalami peningkatan sebesar 59,5% atau menjadi Rp 1,5 triliun dari Rp 963,2 triliun di Kuartal I/2021. Laba bersih perseroan sebesar Rp 72,9 miliar atau tumbuh sebesar 123,5% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021 yang tercatat sebesar Rp 32,7 miliar.

Kinerja emiten yang bergerak di bidang mobilitas, logistik dan penunjangnya yang sahamnya bersandi ASSA ini disokong tiga pilar bisnis, yaitu bisnis mobilitas (rental kendaraan, jasa pengemudi, jasa logistik car sharing), bisnis jual-beli kendaraan (lelang-JBA dan online to offline used car dealers-Caroline), serta logistik dan kurir ekspress Anteraja. ASSA konsisten catatkan pertumbuhan pendapatan dan laba di atas 50% hingga Maret tahun ini.

Presiden Direktur ASSA Prodjo Sunarjanto, mengapresiasi kinerja perseroan selama tiga bulan pertama di tahun ini. ”Salah satu pendorong kinerja ASSA di kuartal pertama ini masih dari lini bisnis delivery express Anteraja yang memberikan kontribusi terhadap pendapatan ASSA mencapai 58%,” ujar Prodjo di Jakarta, Senin (30/5/2022).

Hingga Maret 2022, pendapatan ASSA didominasi oleh Anteraja dengan kontribusi sebesar Rp 899,1 miliar atau tumbuh mencapai 129,7% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya yang sebesar Rp 391,5 miliar. Kemudian dari bisnis rental mobil berhasil mencatatkan pendapatan sebesar Rp 401,8 miliar, bisnis lelang sebesar Rp32,1 miliar, jual beli kendaraan bekas sebesar Rp 161,5 miliar, sedangkan dari jasa logistik memberikan kontribusi sebesar Rp 41,7 miliar terhadap total pendapatan ASSA di Kuartal I-2022.

Prodjo melanjutkan, pada tahun ini ASSA masih akan fokus pada pengembangan bisnis menuju sharing economy dengan memanfaatkan teknologi dan digitalisasi. Sebagai contoh, ASSA telah menjalankan lelang secara online dan offline (hibrid), penyewaan mobil menggunakan aplikasi (ShareCar), aplikasi kurir ekspres melalui Anteraja, serta penggunaan sistem robotic dalam proses penyortiran paket oleh Anteraja.

Anak usaha ASSA, yaitu PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC), mengembangkan bisnis jual beli kendaraan bekas secara digital melalui Caroline.id. Ke depannya, Caroline akan menjadi online to offline (O2O) mobil bekas yang menyediakan berbagai pilihan mobil bekas terbaik yang telah lulus inspeksi dan bergaransi. ASSA mencemati peluang untuk mengembangkan bisnis. “Sehingga kami percaya pemanfaatan teknologi dan digitalisasi sangat penting untuk menangkap semua peluang yang ada. Dengan kemampuan dan didukung oleh tim yang berpengalaman, kami optimis kinerja ASSA akan terus bertumbuh dari tahun ke tahun berikutnya,” sebut Prodjo

PT Tri Adi Bersama (Anteraja), perusahaan rintisan (startup logistik) yang merupakan anak usaha dari ASSA, mencatatkan pengiriman mencapai 1,3 juta parcel/day di bulan puasa lalu atau mengalami peningkatan berlipat ganda dibandingkan dengan periode Ramadan di tahun lalu. Dalam rangka menjaga kinerja agar lebih baik, Anteraja terus mengembangkan beberapa inovasi layanan untuk memberikan kepuasan dan kemudahan bagi para pelanggan. Salah satu layanan yang saat ini sedang dikembangkan yaitu Anteraja Drop Off yang memudahkan pelanggan bisa langsung mengantarkan paket di gerai Anteraja.

Pada kesempatan terpisah, Andri Hidayat, VP Sales and Marketing Anteraja mengungkapkan para pelanggan bisa memilih untuk melakukan pemesanan melalui aplikasi maupun bisa langsung datang ke gerai Anteraja Drop Off terdekat. “Saat ini gerai Anteraja DropOff sudah ada di 13 wilayah kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Tangerang Medan, Bandung, Semarang, Malang, Bali dan lain-lain. Ke depan, kami akan terus memperluas layanan ini agar lebih banyak customer yang dapat langsung megirimkan paket mereka di gerai-gerai Anteraja,” tutur Andri.

Andri melanjutkan Anteraja pada bulan Ramadhan merealisasikan program Ramadan Hepi yang memberikan bantuan kepada masyarakat. Program ini terselenggara secara nasional di seluruh Indonesia yang terbagi menjadi 6 wilayah, yaitu Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah & Yogyakarta, Jatimbalinusra, Sumatera dan Kalsulampapua. “Kami bersyukur Ramadhan tahun ini, Anteraja dapat berbagi kepada ribuan masyarakat termasuk panti asuhan dan pondok pesantren di sekitar lingkungan gerai Anteraja,” ucap Andri.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved