Kolaborasi Korporasi-Perguruan Tinggi Pacu Wirausaha Digital

TOP 40 UNDER 35: Young, Smart & Promising Entrepreneurs (SWA Edisi Khusus 14/2014)
Ilustrasi Foto : SWA

PT Mitra Integrasi Informatika (MII), anak usaha PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL), berkolaborasi dengan Universitas Ciputra untuk mencetak wirausaha di sektor teknologi informasi. Hal ini karena entrepreneur digital yang dibutuhkan industri dengan munculnya transformasi digital.

Metrodata Academy, demikian nama akademi yang dikelola MII, bersama Universitas Ciputra, Surabaya ini memberikan pelatihan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Susanto Djaja, MTDL mengatakan perseroan mendukung transformasi digitaldengan  menyediakan solusi dan produk TIK serta merancang program pelatihan dalam rangka membangun talenta digital yang nantinya dapat membantu perkembangan industri 4.0.

“Oleh karena itu, kolaborasi dengan Universitas Ciputra ini merupakan salah satu wujud kontribusi kami dalam mendukung pendidikan di Indonesia dengan mencetak entrepreneur digital guna memenuhi Sumber Daya Manusia yang berkualitas di bidang TIK dan mampu bersama-sama memajukan industri TIK untuk bersaing secara global,” ujar Susanto dalam keterangannya yang dikutip SWAonline di Jakarta pada Jumat (18/6/2021).

Kolaborasi Metrodata Academy dan Universitas Ciputra ini terdiri dari empat program pelatihan, yaitu Metrodata Training, Metrodata IT Camp, Metrodata Internship, dan Metrodata Mengajar. Salah satu bentuk kerjasamanya adalah penyelenggaraan Surat Keterangan Pendamping Ijazah atau SKPI bagi mahasiswa Universitas Ciputra. Metrodata Academy sebagai mitra resmi dari jenama teknologi besar seperti Microsoft, Oracle, EC-Council, Red Hat, dan CompTIA akan memberikan pilihan sertifikasi berstandar internasional bagi mahasiswa sebagai bekal memasuki dunia kerja di masa depan.

Perseroan, menurut Herryanti Herman, Direktur MII, berkomitmen mengembangkan potensi talenta digital untuk profesional IT maupun mahasiswa. “Didukung oleh principal dan lisensi training center, MTDL menghadirkan pembelajaran oleh tim yang kompeten dan tersertifikasi di bidangnya,” ujar Herryanti.

Selain itu, Metrodata Academy juga menjalankan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Merdeka Belajar, yaitu Kampus Merdeka. Metrodata Academy juga memfasilitasi program magang dan kelas pembelajaran (Metrodata Coding Camp dan Metrodata Security Camp) melalui pembelajaran TI yang inovatif, kreatif, dan kolaboratif agar mampu bersaing dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Selain berkontribusi dalam membangun dan mencetak entrepreneur digital, MTDL melalui MII juga telah mempersiapkan solusi-solusi digital untuk mendukung transformasi digital. MTDL menyediakan digital business platform, salah satunya dengan solusi Application Programming Interface (API) yang banyak dibutuhkan bagi start-up, organisasi, dan bank. MTDL menyodorkan digital payment gateway yang dapat mengintegrasikan sistem pembayaran secara digital. Saat ini MTDL juga turut mendukung program yang diinisiasi oleh Bank Indonesia, yaitu BI FAST untuk infrastruktur sistem pembayaran ritel yang dapat memfasilitasi pembayaran ritel menggunakan berbagai instrumen yang tersedia saat ini secara real-time.

MTDL juga menawarkan Micro Services & DevOps, yaitu Cloud Services yang merupakan layanan penyimpanan data berbasis internet yang dapat memberikan kecepatan dan kemudahan bagi para pelanggan terutama di masa pandemi ini yang mana segala kegiatan banyak dilakukan secara digital. Cloud Services yang sudah menjadi partner MTDL adalah Microsoft Azure, Amazon Web Service (AWS), dan Google Cloud Platform (GCP). “Ke depannya melalui solusi-solusi yang ditawarkan dan peran aktif kami dalam membangun talenta digital, diharapkan MTDL dapat terus mendukung transformasi digital di Indonesia,” ucap Susanto.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)