Kolaborasi SMF-BTN untuk Sejuta Rumah

SMF

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF kembali melakukan pencatatan perdana atas Efek Beragun Aset berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP) SMF-BTN02 di Bursa Efek Indonesia dengan rating AAA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Pencatatan EBA-SP SMF-BTN 02 tersebut merupakan hasil kerja sama sekuritisasi aset senilai Rp 1 triliun antara SMF dengan PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk. Surat partisipasi tersebut terdiri dari dua kelas, yaitu kelas A dan kelas B. Kelas A terdiri dari dua seri, yaitu seri A1 (SPSMFBTN02A1) dan seri A2 (SPSMFBTN02A2). Sedangkan untuk kelas B terdiri dari satu seri.

Adapun untuk kelas A seri A, memiliki nilai sebesar Rp 400 miliar dan seri A2 dengan nilai sebesar Rp 513 miliar. Sedangkan untuk kelas B senilai Rp 87 miliar. Pada transaksi kali ini, SMF berperan sebagai penerbit atau arranger, pendukung kredit dan investor. Sedangkan BTN dalam hal ini berperan sebagai kreditur asa dan penyedia jasa. Dan Bank BRI sebagai wali amanat atau Bank Kustodian.

“Kami optimistis kehadiran instrumen EBA-SP dapat memperkuat pasar keuangan Indonesia dan mendukung pengembangan basis investor domestik,” jelas Ananta Wiyagyo, Direktur Utama SMF di depan awak media di Hall Utama BEI di Jakarta (9/11/2016).

Hasil sekuritisasi ini oleh Bank BTN akan digunakan untuk mendanai program satu juta rumah. Targetnya sebanyak 1.000 unit rumah dapat dipenuhi dengan mekanisme tersebut.

Sampai saat ini, SMF talah melakukan 10 kali transaksi sekuritisasi dengan rating seluruhnya AAA dari Pefindo. Hal ini mencerminkan kemampuan dan kemauan untuk membayar kewajiban tepat waktu yang sangat kuat.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)