Kolaborasi Tanamduit dan UOBAM Hasilkan Reksadana Indeks

PT UOB Asset Management Indonesia berkolaborasi dengan Tanamduit untuk menawarkan Reksa Dana UOBAM Indeks Bisnis-27 (UOBAM IB-27) di aplikasi Tanamduit. Kerja sama ini merupakan yang pertama kali bagi kedua perusahaan dan bertujuan untuk akses produk investasi dan mencapai inklusi keuangan.

“Kami melihat bahwa Reksa Indeks sebagai salah satu solusi yang tepat untuk mempromosikan literasi keuangan, serta menjangkau investor baru melalui platform digital seperti tanamduit,” kata Alvin Jufitrick, selaku Chief Marketing Officer dan Direktur UOB Asset Management Indonesia.

UOBAM IB-27 adalah satu-satunya reksa dana indeks yang mereplikasikan konstituen Indeks BISNIS-27, indeks ini terdiri dari 27 saham yang telah melalui proses seleksi komprehensif oleh komite investasinya, dengan memenuhi kriteria fundamental keuangan dan likuiditas yang ketat.

Indeks tersebut diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Bisnis Indonesia. BEI dan Bisnis Indonesia me-review konstituen Indeks Bisnis-27 secara pada setiap secara per semester. Fitur yang ditawarkan oleh UOBAM IB-27 adalah diawasi oleh komite indeks serta pengelolaan dari tim investasi & research UOBAM Indonesia. Selain itu, produk ini juga memiliki transparansi dalam hal alokasi aset.

“Kolaborasi kami dengan Tanamduit juga mencerminkan komitmen untuk mendorong inklusi keuangan dengan menciptakan produk investasi yang lebih mudah diakses, seiring dengan upaya kami dalam mengembangkan lebih banyak solusi bagi masyarakat Indonesia” kata Alvin menambahkan.

UOBAM IB-27 adalah reksa dana indeks saham yang menggunakan pendekatan Passive Management, dimana manajer investasi akan mengedepankan sikap disiplin dalam pengelolaan, dan mereplikasi alokasi saham sesuai dengan indeks Bisnis-27. Portofolio tidak boleh menyimpang dari bobot komposisi acuan masing-masing saham yaitu minimal 80% dan maksimum 120% dari NAB sesuai regulasi.

Namun, Manajer Investasi bertujuan untuk mengelola bobot minimum 95% dan maksimum 100% untuk setiap saham dari bobot saham tersebut pada indeks, dengan tingkat kas maksimum 5%, untuk mengoptimalisasikan tingkat pengembalian agar sesuai dengan Indeks Bisnis-27, sebagai indeks acuan.

“Kami yakin dengan karakteristik IB-27 dan fitur-fiturnya akan menjadi alternatif solusi yang menarik bagi investor kami,” kata Rini Hapsari, Co-founder Tanamduit.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)