Capital Market & Investment

Kuartal I-2015, Penjualan Mandom Tembus Dua Digit

Kuartal I-2015, Penjualan Mandom Tembus Dua Digit

PT Mandom lndonesia Tbk (TCID) berhasil mencatatkan penjualan sebesar Rp 653,8 miliar pada kuartal I-2015, atau tumbuh 10,9% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini didorong oleh pertumbuhan domestik maupun ekspor yang masing-masing tumbuh 10,3% dan 12,1%.

Presiden Direktur Mandom Indonesia Muhammad Makmun Arsyad mengatakan, jika dilihat per kategorinya, baik produk perawatan rambut, perawatan kulit dan tata rias, dan wangi-wangian, ketiganya tercatat tumbuh di atas 10%. “Penjualan perseroan pada kuartal I-2015 ini mencapai double digit,” kata dia dalam rilisnya.

Aneka Produk Mandom Indonesia Tbk

Aneka Produk Mandom Indonesia Tbk

Dia mengatakan, beban pokok penjualan tercatat sebesar Rp 400,5 miliar atau naik 10,6% dibandingkan tahun sebelumnya. Laba kotor tercatat sebesar Rp 253,3 miliar atau tumbuh 11,4%, sementara laba bersih tercatat Rp 62,3 miliar atau turun tipis 0,8%. “Penurunan laba bersih tersebut seiring aktifnya investasi Mandom pada kegiatan advertising and promotian dalam upaya mendorong kinerja beberapa produk baru yang telah diluncurkan, serta adanya kegiatan relokasi ke kantor dan pabrik baru di Kawasan MM2100, Bekasi,” kata dia.

Banyak tantangan yang dihadapi Mandom lndonesia sepanjang kuartal pertama ini, salah satunya adalah bencana banjir pada Februari lalu yang sempat melanda Jakarta, termasuk kantor pusat Mandom lndonesia. Namun demikian, walaupun proses produksi sempat dihentikan selama satu hari, setelahnya proses produksi dapat kembali berjalan normal dan permintaan pasar tetap dapat terpenuhi.

Saat ini, kata dia, Mandom lndonesia tengah fokus pada proses perpindahan ke kantor dan pabrik baru. Proses relokasi ditargetkan akan selesai pada pertengahan Mei 2015. Diharapkan dengan perpindahan ini proses kegiatan produksi dan operasional dapat berjalan lebih efisien, karena seluruh kegiatan akan dilakukan dalam satu kawasan.

Mandom Indonesia sebelumnya membagikan dividen tahun buku 2014 sebesar Rp78,4 miliar atau Rp390 per saham. Sepanjang tahun lalu, Mandom Indonesia meraih penjualan Rp2,3 triliun atau tumbuh 13,8% dibandingkan setahun sebelumnya. Penjualan tersebut didorong oleh pertumbuhan domestik dan ekspor masing-masing 10,7% dan 21,7% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Demi mendukung penjualan domestik, pada 2014 perseroan memperluas jangkauan produknya dengan menambah 16 titik distribusi di beberapa daerah termasuk kawasan timur Indonesia. Untuk mendukung penjualan ekspor, di 2014 Mandom Indonesia juga telah memperkenalkan beberapa produk baru dan terus memperluas pasarnya termasuk pasar Indochina yang baru saja dirintis perseroan beberapa tahun terakhir.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved