Laba Erajaya Naik 392,4% Berkat Strategi Customer Journey

PT Erajaya Swasembada, Tbk. (ERAA), perusahaan distributor dan retail handset merilis laporan keuangan untuk periode semester pertama 2021. Perseroan berhasil melanjutkan tren pertumbuhan dengan mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp21,4 triliun atau tumbuh t 47,6% YoY, dan laba sebesar Rp558,5 miliar atau meningkat signifikan sebesar 392,4% YoY.

Hasan Aula, Wakil Direktur Utama ERAA, mengatakan, pencapaian ini merupakan hasil dari strategi yang tepat sasaran untuk memberikan produk dan layanan terbaik kepada pelanggan. Beragam produk-produk baru dengan teknologi terbaru sangat diterima konsumen karena kebutuhan handset dan produk pendukung lainnya menjadi sangat penting untuk mendukung kegiatan selama masa pembatasan aktivitas.

Ia juga mengatakan, adanya antusiasme tinggi pelanggan terhadap jaringan toko yang mulai dibuka kembali. Banyaknya pelanggan yang tetap menyukai bertransaksi di toko, karena ada keinginan untuk melihat, mencoba dan merasakan serta mendapatkan pengalaman berbelanja langsung dari sales specialist ERAA. “Hal ini tentu saja mendorong kinerja perseroan secara keseluruhan,” ujarnya.

Hasan melanjutkan, tantangan pandemi dan pembatasan aktivitas di berbagai wilayah dengan jangka waktu yang tidak singkat, berhasil diubah menjadi peluang untuk tetap memberikan layanan dan produk unggulan melalu beragam strategi seperti: Mobile Shopping, Home Delivery Service/EraXpress, omni-channel, online promotion & exhibition.

Ia menegaskan bahwa strategi ini didasarkan pada komitmen ERAA untuk mengutamakan kepuasan pelanggan dan memberikan customer journey yang positif, lewat semua channel yang dipilih oleh pelanggan baik online maupun offline.

Peningkatan jaringan toko ritel juga kembali dilakukan di tahun 2021. Per 30 Juni 2021, Erajaya telah memiliki toko ritel sebanyak 1.067 toko dengan 88 titik distribusi, serta kerjasama dengan lebih dari 64.000 reseller di wilayah Indonesia, Malaysia dan Singapura. Seiring dengan ekspansi footprint ini, kata Hasan, manajemen juga terus memonitor perkembangan dan dampak pandemi, serta akan terus melakukan penyesuaian akan strategi bisnis ke depannya, sesuai dengan kebutuhan.

Salah satu strategi dalam melakukan ekspansi jaringan, ERAA memperkenalkan Erafone Cloud
Retail Partner,
yang merupakan gerai Erafone yang dimiliki oleh investor perorangan, tapi dikelola dan dioperasikan sepenuhnya oleh tim Erafone. Seluruh produk gadget, aksesoris dan ekosistem yang dijual adalah portofolio yang lengkap, produk yang orisinil dan bergaransi resmi, seperti yang dijual di outlet Erafone lain.

“Ini merupakan inovasi terbaru dari pengembangan jaringan toko Erafone dengan konsep kemitraan kepada investor perorangan untuk menjadi bagian dari keluarga dan kisah sukses Erajaya, dengan tingkat risiko yang minim,” tutur Hasan.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)