Mahkota Group Catatkan Saham Perdananya di BEI

Direksi PT Mahkota Group Tbk

PT Mahkota Group Tbk., perusahaan pengolahan minyak kelapa sawit dari Sumatera Utara.mencatatkan sahamnya (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Harga perdana saham ditetapkan Rp225 per lembar saham.

Saat ini, emiten itu memiliki enam pabrik kelapa sawit yang berlokasi di Riau. Dengan investasi Rp 330 miliar, perusahaan memiliki pabrik seluas 5 hingga 10 hektar dengan kapasitas produksi 1.500 ton CPO per hari. Setelah Juli, produksi sudah bisa dilakukan full capacity.

Usli, Direktur Utama PT Mahkota Group Tbk, mengungkapkan, “Selama ini kami sering mengekspor bahan baku ke beberapa negara. Dengan adanya industri dalam negeri, selain memberikan serapan tenaga kerja, kami akan memberikan nilai tambah hasil produksi ke dalam negeri. Sekitar 30% CPO kami pasarkan dalam negeri dan 70% ke luar negeri, yaitu ke India, Pakistan, China, Eropa. CPO memiliki nilai yang lebih murah dibandingkan minyak kedelai, minyak bunga matahari. Daya saing komoditi kita adalah yang terbaik," jelasnya.

Menurutnya, laba bersih perseroan 2017 tercatat sebesar Rp 17 miliar. Sementara itu, hingga akhir tahun 2018, menargetkan Rp 50 miliar meskipun angka tersebut sudah pernah tercapai di tahun 2016. Untuk pendapatan, ditargetkan Rp 2 triliun tahun ini. “Dibandingkan kuartal I tahun 2018, loncatan omzet pada kuartal II tahun 2018, mencapai tiga kali lipat. Jadi, musim semester kedua itu setiap tahunnya seperti itu," dia menegaskan.

“Lingkungan hidup akan kami perhatikan (dalam menjalankan perusahaan) agar isu dari luar tidak mengguncang kami,” tambah Usli.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)