Menanti Penjelasan, Respons Investor Negatif ke Saham Grup Lippo

Material promosi Meikarta. (Foto : Istimewa)

Investor masih merespons negatif  saham-saham Grup Lippo walau manajemen Grup Lippo melalui pengacara perusahaan mengeluarkan pernyataan resmi untuk melakukan investigasi internal untuk mengurai keterlibatan oknum pejabat Grup Lippo yang diduga menyuap sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam  memuluskan proyek Meikarta.

Harga saham PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) pada Rabu pekan ini turun 13,36% menjadi Rp 1.200 per saham dari Rp 1.385 di perdagangan Selasa kemarin. Lippo Cikarang merupakan induk dari PT Mahkota Sentosa Utama (MSU), pengembang megaproyek Meikarta. Pada periode yang sama itu, harga saham PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) menyusut sebesar 5,52%.

Reza Priyambada, pengamat pasar modal dan Analis Senior CSA Research Institue, mengemukakan, sentimen negatif dari dugaan kasus korupsi itu berimbas terhadap penurunan harga-harga saham emiten Grup Lippo. “Pelaku pasar bereaksi negatif karena mereka menunggu penjelasan lebih rinci mengenai pembenahan internal terkait kasus Meikarta dan penjelasan detil terhadap kelanjutan pembangunan Meikarta. Jadi respon investor masih negatif terhadap emiten di Grup Lippo,” jelas Reza saat dihubungi di Jakarta (17/102018).

Sejumlah saham Grup Lippo yang bisnisnya tidak terkait Meikarta turut mengalami tekanan jual di pertengahan pekan ini. Harga saham PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) turun 2,47% menjadi Rp 165 dari Rp 169, kemudian saham PT First Media Tbk (KBLV) melorot sebesar 1,74% dari Rp 460, dan saham PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) juga menyusut 4,76%, atau menjadi Rp 2.400 dari Rp 2.520 per saham. “Berita negatif dugaan korupsi Meikarta ini berdampak terhadap penurunan harga saham-saham perusahaan di Grup Lippo. Sentimen negatif seperti ini mempengaruhi saham-saham secara grup,” ungkap Reza.

Ia melanjutkan dugaan korpusi Meikarta ini adalah kasus hukum yang berpotensi berimbas ke bisnis Grup Lippo lainnya “Imbasnya bisa jelek, Reaksi dan ekspektasi pelaku pasar kalau terkait dengan kasus hukum itu biasanya merespons negatif karena diasumsikan akan mengganggu kinerja bisnisnya,” sebutnya. Ia menghimbau manajemen Grup Lippo segera mengumumkan informasi mengenai keberlangsungan proyek Meikarta agar investor mendapat kepastian mengenai operasional bisnis ke depannya.

www.swa.co.id

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)