Mirae Asset Mendominasi Nilai Transaksi Saham di BEI

Tae Yong Shim, Presiden Direktur & CEO PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia. (Foto/SWA)

Pada Januari-September 2021, PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia masih kokoh di peringkat pertama perusahaan efek dengan nilai transaksi saham terbesar di Bursa Efek Indonesia sekaligus mendominasi bursa saham domestik. “Mirae Asset Sekuritas mencatatkan nilai transaksi Rp 530,36 triliun dengan pangsa pasar 10,99% dari total transaksi bursa Rp 4.824 triliun,” demikian tulis manajemen Mirae Asset Sekuritas dalam pernyataanya di Jakarta (7/10/2021).

Nilai yang dibukukan itu berselisih Rp 189,68 triliun dari perusahaan sekuritas yang berada di posisi kedua. Di bawah Mirae Asset Sekuritas, sekuritas di peringkat kedua mencatatkan nilai transaksi Rp 340,67 triliun dan di peringkat ketiga mencatatkan transaksi Rp 285,93 triliun. Masing-masing memiliki pangsa pasar 7,06% dan 5,93% dari total transaksi di bursa.

Nilai transaksi Mirae Asset Sekuritas di pasar saham domestik tidak lepas dari transaksi nasabah, terutama dengan hadirnya kompetisi trading saham online terbesar di Indonesia yaitu HOTS Championship setiap 3 bulanan. Kompetisi tersebut turut membuat nasabah perusahaan efek itu lebih aktif bertransaksi untuk belajar sekaligus mendapatkan keuntungan bertransaksi yang maksimal. Pada semester I/2021, HOTS Championship Season 3 digelar pada 8 Februari hingga 10 Maret dan HOTS Championship Season 4 digelar pada 31 Mei hingga 2 Juli 2021. Gelaran teranyar adalah HOTS Championship Season 5 yang baru selesai pada 24 September 2021.

Sebelumnya, Tae Yong Shim, Presiden Direktur Mirae Asset, mengatakan dalam beberapa tahun ini kinerja bisnis perusahaannya tumbuh sangat cepat. Pesatnya pertumbuhan kinerja MASI ini tak lepas dari peran investor milenial karena 80% pelanggannya dari kalangan itu. Segmen inilah yang menjadi salah satu tulang punggung penting di balik suksesnya. Strategi Mirae Asset dalam mendekati investor milenial rupanya berjalan efektif sehingga investior milenal berbondong-bondong menjadi user/pelanggan-nya melalui berbagai platform transaksi yang disediakan. Setidaknya, hal itu juga tecermin jelas dari pertumbuhan jumlah investor milenial di Mirae Asset yang pada 2020 melonjak 90% dalam setahun. Tak salah bisa memasukkan perusahaan sekuritas ini sebagai perusahaan yang menikmati boom investor milenial belakangan ini.

Cerita sukses Mirae Asset merupakan perpaduan kemampuan membaca peluang pasar, keberanian melakukan investasi, kecerdikan dalam mengedukasi pasar, dan konsistensi dalam inovasi. Dari sisi segmentasi, perbedaannya dari kebanyakan perusahaan sekuritas lain di Indonesia, Mirae Asset memang sangat fokus menggarap segmen investor ritel. “Kami melakukan blue ocean strategy. Kami pilih di ceruk pasar yang orang lain tidak menggarapnya karena pemain lain lebih tertarik menggarap pasar investor institusi,” ucap Tae Yong Shim kepada Majalah SWA pada Mei 2021.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)