Mirae Asset Sekuritas Bidik Nasabah Kaya Bertambah 200 Orang

Fransisca Wiryasaputra, Head of Priority Wealth Management PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia di Jakarta, 9 Juni 2022. (Foto : Mirae Asset)

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia menargetkan jumlah nasabah Sage Club pada 2022 ini bertambah 100-200 orang. Jika target ini terealisasi, maka jumlah nasabah kaya Sage Club bakal mencapai 400 hingga 500 orang.

Sage Club merupakan layanan di Mirae Asset Sekuritas yang khusus melayani orang kaya (high net worth individual/HNWI). “Saat ini, jumlah nasabah Sage Club sebanyak 300 orang, kami menargetkan penambahan nasabah Sage Club sekitar 100 hingga 200 orang,” ujar Fransisca Wiryasaputra, Head of Priority Wealth Management Mirae Asset Sekuritas di Jakarta (9/6/2022).

Fransisca menjabarkan jumlah dana kelolaan Sage Club di bawah Rp 1 triliun. Nilai dana kelolaan diharapkan bertambah seiring dengan target penambahan jumlah nasabah orang kaya tersebut. Mirae Asset Sekuritas memproyeksikan jumlah orang kaya di Indonesia dapat tumbuh di atas 60% dan dapat mencapai lebih dari 250 ribu orang pada 2025.

Tren pasar saham yang masih positif, lanjut Fransisca masih akan mendukung pertumbuhan jumlah HNWI yang semakin gemar berinvestasi di pasar modal. Optimisme pertumbuhan jumlah orang kaya tersebut juga akan mendukung layanan HNWI Mirae Asset Sekuritas yaitu Sage Club. “Sebagian besar faktornya disebabkan oleh suplai uang beredar yang bertambah seiring dengan pertumbuhan pasar modal. Kami optimistis karena juga didukung data bahwa dana nasabah HNWI yang dikelola Sage Club sudah tumbuh 95% sejak layanan priority wealth management diluncurkan pada awal 2022,” tutur Fransisca.

Dia menuturkan saat ini postur HNWI Indonesia didominasi oleh kelompok generasi baby boomer, gen X, dan milenial. Saat ini milenial atau kelompok umur 26-39 tahun sudah menguasai sepertiga atau 33% angkatan kerja. Namun, kelompok umur Gen Z tidak lama lagi akan mendominasi HNWI seiring berjalannya waktu karena saat ini jumlahnya mencapai sepertiga dari jumlah penduduk dunia.

Fransisca mengatakan bahwa dana nasabah HNWI yang dikelola Sage Club sudah tumbuh 95% sejak layanan priority wealth management diluncurkan pada awal 2022. Sage Club merupakan layanan HNWI terlengkap pertama di pasar modal dengan minimal portofolio nasabah senilai Rp 3 miliar. Nasabah juga mendapatkan fasilitas aplikasi pengelolaan keuangan untuk memonitor kekayaannya.

Dia menuturkan Sage Club lebih mengedepankan jasa yang memenuhi kebutuhan dari masing-masing nasabah yang unik (tailored service). Layanan ini disediakan melalui relationship manager (RM) khusus untuk setiap nasabahnya. Selain itu, keunggulan layanan lain terletak pada fee transaksi saham, obligasi, dan reksa dana yang bersaing di kelas layanan premium. Selain itu, nasabah juga dapat mengalokasikan dananya pada kontrak pengelolaan dana (KPD/discretionary fund), reksa dana yang dapat ditransaksikan di bursa (exchange traded fund/ETF), serta saham pre-IPO.

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)