Mirae Sekuritas dan BBRI Memperluas Akses Investasi Pasar Modal

mirae asset sekuritas
Foto : Mirae Sekuritas

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia (Mirae Sekuritas) berkolaborasi dengan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) untuk memperluas jangkauan investasi pasar modal kepada masyarakat ke seluruh Indonesia untuk mendemokratisasi investasi melalui digitalisasi.

Daewoong An, Direktur Mirae Sekuritas mengatakan, kolaborasi melalui digitalisasi tersebut terutama dilakukan melalui pembukaan rekening investasi secara online (online opening account/OOA). "Sebuah kesempatan bagi dua pemimpin pasar di industrinya masing-masing, Mirae Sekuritas dan BRI, memulai kolaborasi dan menjadi titik balik untuk mengembangkan pasar keuangan Indonesia,” ujar An di sela-sela Inauguration Ceremony Mirae Sekuritas-BRI di Jakarta, Rabu (27/7/2022).

BRI adalah bank BUMN terbesar serta memiliki cabang dengan sebaran terluas. Di sisi lain, Mirae Sekuritas merupakan perusahaan efek dengan nilai transaksi saham terbesar di Indonesia. Ke depannya, An berharap Mirae Sekuritas dapat memfasilitasi minat investasi nasabah BRI dan juga publik dengan memanfaatkan kemajuan digital.

Kemitraan bisnis yang bertajuk Collaboration to Accelerate the Democratization of Finance through Digitalization ini merupakan kerja sama antara kedua perusahaan tersebut yang memungkinkan masyarakat dan nasabah BRI dapat membuka rekening investasi pasar modal di Mirae Sekuritas secara online.

Dalam berinvestasi di pasar modal serta memiliki rekening efek di sekuritas, calon investor memiliki hak dan kewajiban untuk membuka rekening dana nasabah (RDN) untuk menjadi rekening dana alokasi investasi serta penampung hasil investasinya. Mirae Sekuritas sebelumnya telah menggandeng dua bank swasta bagi pembukaan RDN nasabah yang membuka rekening investasi secara online.

Kedua pihak bekerja sama sekaligus semakin menggencarkan literasi investasi kepada masyarakat. Dengan demikian, sudah ada tiga bank yang sudah bekerja sama dengan Mirae Sekuritas untuk membuka rekening investasi secara online. Melalui pembukaan rekening investasi secara online tersebut, investor dapat merasakan pengalaman menggunakan produk teknologi digital termutakhir.

Teknologi yang digunakan dalam pembukaan rekening investasi online (OOA) itu termasuk dokumentasi tanpa kertas sama sekali (paperless), adanya pengecekan kesamaan wajah secara digital (face comparison), penyamaan data otomatis KTP melalui Optical Character Recognition (OCR), dan tanda tangan online (online signature).

Pada kesempatan ini, Handayani, Direktur Bisnis Konsumer BRI, mengatakan kolaborasi dua perusahaan terbesar di masing-masing industrinya itu akan dapat menjangkau lebih banyak masyarakat. Dia mengatakan kolaborasi kedua perusahaan diharapkan dapat menambah jumlah pembukaan baru 1 juta rekening dana nasabah atau senilai Rp 1 triliun. "Harapannya 1 juta RDN setahun. Pilihannya 1 juta RDN atau Rp 1 triliun dana yang ada di RDN,” ujar Handayani.

Dia mengatakan seiring dengan niat mendemokratisasi investasi melalui digitalisasi, literasi keuangan dan investasi yang akan dijalankan Mirae Sekuritas dan BRI ke depannya secara berkelanjutan dapat membuat masyarakat di seluruh Indonesia lebih sadar keuangan dan sadar investasi.

Untuk memuluskan gerakan mendemokratisasi investasi tersebut, inovasi teknologi Mirae Sekuritas memungkinkan investor berinvestasi di pasar modal secara online dan inovasi teknologi BRI memungkinkan nasabahnya menjadi sadar finansial dan layanan perbankan. Dengan digitalisasi, Mirae Sekuritas bahu membahu bersama BRI untuk memudahkan proses berinvestasi melalui pembukaan rekening secara online.

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)