Mitra Adiperkasa Bukukan Laba Bersih Rp490,2 Miliar Sepanjang 2021

PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) mengumumkan kinerja penjualan dan pendapatan tahun fiskal 2021 yang positif. Sepanjang tahun 2021, MAPI membukukan kenaikan pendapatan bersih sebesar 24,1% menjadi Rp18,4 triliun dari Rp14,8 triliun. Sementara laba bersih naik 183,7% menjadi Rp490,2 miliar dari rugi bersih Rp585,3 miliar.

Kemudian GPM meningkat ke 41,8% dari 41,6% pada tahun sebelumnya. Laba usaha melonjak menjadi Rp1,2 triliun dari rugi usaha Rp56,9 miliar. EBITDA tumbuh 53,2% dari Rp2,3 triliun menjadi Rp3,5 triliun.

Ratih D. Gianda, VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability MAP menyatakan, kinerja ini didukung oleh peningkatan jumlah pengunjung secara nasional, terutama pada Q4 sebelum munculnya varian Omicron.

Adapun penjualan meningkat di semua kanal termasuk gerai offline dan online, kata dia, menggambarkan pulihnya permintaan konsumen di seluruh segmen ritel MAPI yang beragam yaitu Department Stores, Specialty Stores (Sports, Kids, Fashion, Health & Beauty, Digital Gadgets) dan F&B.

“Kuartal terakhir tahun 2021 menunjukkan kekuatan model branded commerce MAP. Strategi penjualan multichannel kami melalui semua jalur distribusi, baik mal, kanal digital, maupun mitra marketplace, mampu menjangkau beragam segmen konsumen MAP di semua kanal pilihan mereka untuk berbelanja,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima SWA Online (12/04/2022).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, pendapatan bersih perusahaan melonjak 115,3% menjadi Rp6,3 triliun pada Q4 dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. GPM meningkat 390 bps dari 38,2% di Q3 menjadi 42,1% pada Q4. MAP mencatat laba usaha sebesar Rp845,6 miliar dari rugi usaha Rp295,6 miliar di Q3. EBITDA dibukukan sebesar Rp1,4 triliun dari Rp243,9 miliar; dengan laba bersih senilai Rp605 miliar dibandingkan rugi bersih Rp402,9 miliar di Q3.

Hasil Q4 ini dinilai Ratih menjadi bukti kekuatan jangka panjang dari brand MAPm “Kemampuan MAP adalah menjangkau para konsumen melalui kanal yang beragam, dengan portofolio kategori, brand, dan jaringan ritel yang begitu luas, tidak tertandingi," tegasnya.

Selama Q4, pada saat penjualan yang positif di semua segmen, MAP mendapat permintaan yang lebih tinggi terutama untuk produk sports dan leisure, serta perangkat digital. Perusahaan juga memaksimalkan tingginya sentimen konsumen dengan meluncurkan brand baru seperti Subway, FitFlop, dan Etude di berbagai mal terkemuka di Jakarta.

Pada Q4, perusahaan meluncurkan kanal digital baru untuk Lacoste, Converse, Bershka, dan Mango, sehingga pada akhir Desember 2021, total situs online milik MAP menjadi 21. Penjualan digital di tahun 2021 tumbuh 48% dari tahun sebelumnya, terutama untuk produk-produk sports, fashion, dan gadget.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)