MNC Sekuritas, 70% Nasabahnya Kaum Milenial

Susi Meilina, CEO MNC Sekuritas
Susi Meilina, CEO MNC Sekuritas.

Investasi saham identik dengan laki-laki/perempuan matang tidak berlaku lagi di zaman sekarang. Susi Meilina, CEO MNC Sekuritas, mengatakan bahwa justru di masa pandemi ini, dunia investasi saham digerudug kaum milenial dan pemula yang mendaftar sebagai nasabah baru dan sekaligus melakukan transaksi saham.

Hingga Januari 2021, tercatat nasabah MNC Sekuritas tumbuh lebih dari 30.000 nasabah baru dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Dari peningkatan tersebut, tercatat sekitar 70% dari keseluruhan nasabah MNC Sekuritas datang dari kaum milenial dan pemula, baik pada Januari 2020 maupun Januari 2021.

Adapun peningkatan nilai transaksi di MNC Sekuritas melalui online trading melonjak sangat luar biasa, naik 792% pada Januari 2021 secara YoY. Peningkatan signifikan ini didukung oleh pertumbuhan jumlah nasabah baru pengguna online trading, serta pemulihan kondisi saham-saham di Bursa Efek Indonesia. Adapun volume dan nilai transaksi tahunan pada 2020 tercatat meningkat 145% dari tahun sebelumnya.

Bagi Meilina, ledakan peminat saham di kalangan milenial dan pemula tidak mengherankan. Pasalnya, program yang dijalankan ini sangat berpotensi menarik investor milenial. Seperti program diskon fee untuk nasabah baru di bulan tertentu, giveaway berhadiah ponsel untuk nasabah yang berbagi kisah investasi sahamnya bersama MNC Sekuritas, serta program referral bonus saham gratis yang akan digelar pada pertengahan Maret hingga April 2021.

Saat ini kemudahan yang ditawarkan mulai dari pembukaan rekening secara online melalui aplikasi MNC Trade New, hingga bimbingan dari tim edukasi MNC Sekuritas kepada investor baru. Di masa pandemi ini, dengan adanya social distancing, masyarakat cenderung melakukan aktivitas secara online. Itulah sebabnya, MNC Sekuritas telah siap dengan infrastruktur aplikasi MNC Trade New, yang memungkinkan calon investor membuka rekening saham tanpa perlu datang ke kantor cabang.

Bermodalkan ponsel dan e-KTP, calon investor dapat memiliki rekening saham yang pengajuannya dilakukan secara paperless. Transaksi saham pun dapat dilakukan secara mandiri melalui aplikasi MNC Trade New, dengan laporan riset harian dan informasi terkini mengenai ekonomi serta pasar modal dari tim Riset MNC Sekuritas.

Untuk nasabah institusi pun, MNC Sekuritas juga bersinergi dengan MNC Group yang merupakan grup media terbesar dan terintegrasi di Asia Tenggara, dalam menghadirkan benefit media untuk nasabah institusi dengan nilai transaksi tertentu.

Selain iming-iming program menarik, MNC Sekuritas pun mengedukasi nasabah baru dan calon investor secara rutin agar memiliki pemahaman dan pengetahuan dasar saham yang memadai. Lewat Sekolah Pasar Modal secara virtual, pihaknya memberikan pengetahuan dasar tentang saham, analisis saham, dan hal-hal lain yang penting agar investor dapat dengan bijak bertransaksi di pasar modal. “Mereka perlu memahami bahwa investasi saham mengandung potensi keuntungan dan risiko,” ungkap Meilina. Ini sebagai upaya agar para investor pemula tidak terperosok dalam kerugian.

Seperti baru-baru ini, MNC Group juga sukses menggelar MNC Group Investor Forum 2021 pada 2-3 Maret 2021 yang dihadiri secara virtual 26.000 investor dan calon investor dari berbagai negara. Kegiatan ini menjadi wadah edukasi yang baik dari pemangku kebijakan, regulator, serta emiten di Bursa Efek Indonesia kepada masyarakat Indonesia.

Sejauh ini aplikasi online trading yang ditawarkan MNC Sekuritas MNC Trade New adalah aplikasi online trading saham yang terbaik di industri, dilengkapi dengan fitur Super Order yang memudahkan aktivitas trading saham. Calon investor dapat membuka rekening saham secara online. Selain itu, trading dapat dilakukan dengan nyaman dan praktis karena fitur Super Order memungkinkan pengguna untuk memasukkan instruksi jual atau beli secara otomatis.

Fitur yang saat ini sedang dikembangkan adalah voice command, face detection, dan fitur-fitur canggih lainnya, yaitu milenial mode, yang belum dapat diinformasikan saat ini. Yang jelas, semuanya menambah kenyamanan nasabah dalam bertransaksi.

Aplikasi MNC Trade New juga dilengkapi dengan MNC Research, menu berisi laporan riset dan ulasan pasar modal terkini dari analis MNC Sekuritas yang berkompeten di bidangnya. Dengan interface yang sama di mobile version maupun desktop version, MNC Trade New dapat dengan mudah diakses melalui berbagai device, seperti ponsel Android atau iOS, PC, serta smartwatch. Tak hanya itu, login aplikasi lebih mudah dan aman dengan fitur fingerprint.

Dalam pandangan Meilina, investor milenial memiliki gaya tersendiri dalam berinvestasi saham. Karena saat ini anak muda lebih mendengar apa yang disampaikan oleh panutannya di media sosial, banyak bermunculan stock influencer yang mempromosikan saham tertentu. Hal ini memiliki sisi positif, yaitu semakin dikenalnya investasi saham oleh generasi muda.

Namun, jika calon investor hanya mengandalkan analisis orang lain atau ikut-ikutan influencer, dalam jangka panjang hal ini justru dapat berakibat negatif. Misalnya, keinginan mendapatkan keuntungan dalam waktu sesingkat-singkatnya menyebabkan terburu-buru dalam mengambil keputusan investasi. “Kami berharap investor pemula mempunyai akses terhadap edukasi pasar modal, sehingga keputusan investasi dilakukan dengan bijak,” ujar Meilina. (*)

Dyah Hasto Palupi/Darandono

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)