MNC Sekuritas Luncurkan Platform Online Trading Syariah

Memasuki bulan Ramadan, PT MNC Sekuritas merilis perdagangan saham berbasis syariah dengan nama MNC Trade Syariah. Hal ini dilakukan sebagai strategi untuk meningkatkan jumlah nasabah dan market share di Tanah Air. Pihaknya mencoba untuk terus berinovasi menghadirkan terobosan produk dan layanan untuk menjawab kebutuhan masyarakat.

Perdagangan saham berbasis syariah tersebut diluncurkan MNC Sekuritas dalam bentuk platform online trading syariah yaitu MNC Trade Syariah pada Senin (29/5) di Jakarta. Susy Meilina, Direktur Utama MNC Sekuritas, mengatakan sebagai negara muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi pasar yang menjanjikan. Menurutnya, pasar syariah harus digarap secara serius.

“Dalam jangka panjang, Indonesia yang memiliki jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia pasti membutuhkan industri ekonomi syariah. MNC sekuritas terus berinovasi untuk menghadirkan terobosan produk dan layanan untuk menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Susy menginginkan MNC Sekuritas untuk menjadi perusahaan yang tanggap memenuhi kebutuhan masyarakat muslim untuk bertransaksi secara halal, amanah, dan bebas riba dengan didukung sistem online trading yang canggih.

“Lagipula saat ini dengan populasi muslim terbesar di dunia, masih belum sejalan dengan perkembangan ekonomi syariah, masih banyak potensi yang belum tersentuh. Itulah sebabnya kami memperkenalkan pasar modal syariah sejak dini,” imbuhnya.

MNC Trade Syariah, lanjut Susy, merupakan platform online trading syariah yang turut melengkapi platform online trading konvensional yang dimiliki MNC Sekuritas sebelumnya yaitu MNC Trade New. MNC Trade Syariah telah mendapat sertifikat kesesuaian syariah dari Dewan Syariah Nasional MUI dengan nomor 004.41.02/DSN-MUI/V/2016.

“Nasabah dapat bertransaksi saham sesuai dengna prinsip syariah, antara lain hanya dapat melakukan transaksi beli atas saham-saham perusahaan yang terdaftar di Daftar Efek Syariah (DES), hanya dapat membeli saham sesuai ketersediaan dana dalam Rekening Dana Nasabah (cash basis), tidak ada dana pinjaman (limit trading), tidka ada margin trading, dan tidak dapat melakukan transaksi penjualan saham yang bukan miliknya (short selling),” jelasnya. Selain itu, saat ini MNC Sekuritas memiliki sembilan Galeri Investasi Syariah Bursa Efek Indonesia yang terdapat di beberapa perguruan tinggi.

MNC Trade Syariah dilengkapi fitur untuk memantau pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan melakukan perintah transaksi sesuai dengan keinginan sehingga nasabah dapat mengakses data-data fundamental untuk semua saham yang ada di BEI. Pihaknya mengandalkan fitur bernama “Super Order” untuk membantu nasabah memaksimalkan profit dan meminimalisir potensi kerugian. Fiturnya terdiri dari Trailing Order, If Matched Order, Break Order, Good Till Cancel (GTC) Order, dan Advanced Split Order.

Pihaknya berharap peluncuran ini dapat menggenjot kinerja perusahaan pada tahun 2017 ini. Per April 2017, MNC Sekuritas mencatatkan pertumbuhan market share sebesar 11,9% secara Year on Year (YoY) dari 2,2% menjadi 2,4%. Nilai transaksi tumbuh sebesar 44,4% secara YoY dari Rp 20,5 triliun menjadi Rp 29,6 triliun. Peringkat based on value dari peringkat 16 menjadi peringkat 13 secara YoY. Jumlah nasabah tumbuh 18% YoY, dari 18.800 menjadi lebih dari 22.000 nasabah.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)