GM Hendak Modernisasi Setelah Listing di BEI

Pasca resmi mencatatkan sahamnya (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Garuda Metalindo Tbk (GM) berencana untuk melakukan modernisasi. Dengan mengalokasikan dana hingga Rp60 miliar, Garuda Metalindo akan melakukan efisiensi, guna meningkatkan produktivitas perusahaan. Pada tahun 2014, Garuda Metalindo tercatat berhasil mengantongi pendapatan sebesar Rp114 miliar.

Pencatatan Saham Perdana PT Garuda Metalindo Tbk

“Ke depannya, kami akan mengeluarkan dana sekitar Rp50-60 miliar untuk melakukan modernisasi. Tujuannya untuk meningkatkan produktivitas kami dengan melakukan efisiensi. Efisiensi ini seperti agar perusahaan bisa berjalan 24 jam dan mengurangi human resources dengan mengubah yang tadinya kami lakukan secara manual. Diharapkan efisiensi  ini bisa meningkatkan pertumbuhan bisnis di atas Rp114 miliar. Kami targetkan dua digit ke bawah,” papar Erwin Wijaya, Direktur PT Garuda Metalindo Tbk.

Produsen baut dan mur ini mencatatkan saham perdananya dengan kenaikan 32% saat pembukaan perdagangan. Saham Garuda Metalindo yang sebelumnya diperdagangkan seharga Rp550, naik menjadi Rp 730 saat perdagangan saham BEI dibuka pada pukul 09.00 WIB. Jumlah saham yang dilepas adalah sebesar 468.750.000 lembar saham baru, atau 20% dari modal yang disetor.

Perusahaan dengan tercatat dengan kode BOLT pada BEI ini berhasil mengantongi dana tunai sebesar Rp258 miliar. Sebanyak 52% dari dana tersebut akan dipergunakan untuk pembayaran hutang, 28% untuk belanja modal, dan 20% sebagai modal kerja.

Garuda Metalindo memproduksi berbagai jenis mur dan baut serta cold forming parts yang diaplikasikan untuk produksi kendaraan roda dua, roda empat, dan komponen otomotif lainnya yang dipasok ke berbagai pabrikan seperti Astra Honda Motor, Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Astra Daihatsu Motor, Indomobil Suzuki International, Kramyudha Tiga Berlian Motor, dan Honda Prospect Motor.

Emiten ini memiliki dua fasilitas produksi yang berlokasi di Kapuk, Jakarta Utara dan Tangerang. Perseroan ini memproduksi sebanyak 2.000 ton setiap bulannya. Hasil produksi ini juga diekspor ke Jerman, Brazil, Vietnam dan Thailand. Kontribusi ekspor antar 2,5%-3%. Korporasi berencana meningkatkan ekspor hingga 25% untuk 3-4 tahun ke depan. Kinerja di semester pertama tahun 2015, Garuda Metalindo mengalami penuruan sebesar 15%. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)