Bank Digital Kian Bermunculan. Bagaimana Cara Kerjanya?

Ilustrasi bank digital (Foto: http://pakrevenue.com).

Pernahkah Anda bertemu dengan orang yang menawarkan layanan bank melalui aplikasi ketika sedang berjalan – jalan di mal? Jika pernah, kemungkinan orang tersebut menawarkan produk bank digital.

Apa itu bank digital? Maryadi Santana, CFP®, QWP. selaku Perencana Keuangan Finansialku.com menjelaskan bahwa bank digital adalah bank yang beroperasi hampir keseleruhan secara digital, tidak ada kantor cabang hanya memiliki beberapa kantor perwakilan, tidak memiliki atm sendiri, dan menggunakan aplikasi untuk melakukan semua transaksi. 

Cara kerjanya semua berdasarkan aplikasi, mulai dari pendaftaran hingga semua transaksi perbankan kecuali tarik tunai. Ada beberapa bank digital yang menawarkan kartu atm bagi nasabahnya dan bisa mengambil tunai di ATM bersama.

Selanjutnya, bagaimana perbedaan antara bank digital dan  bank konvensional yang umumnya kita gunakan?

Maryadi mengungkapkan bahwa secara keamanan sistem dinilai hampir sama karena menggunakan prinsip kerahasiaan dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. 

“Jika dilihat dari tingkat keamanan secara system dirasa hampir sama, karena system transaksi yang digunakan tetap sama, kerahasiaan data juga mengikuti standar dari OJK, serta dana sama-sama di lindungi oleh LPS,” ujarnya.

Namun jika dilihat dari risiko sendiri Maryadi mengatakan “hanya saja karena semua transaksi menggunakan aplikasi digital maka sedikit kemungkinan terjadi human error dari pihak bank atau tindak kejahatan pada saat mengambil uang di ATM/kantor cabang.”

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)