Dinilai Sangat Riskan, Rating Perusahaan Penerbangan Dibatasi

Fitch Ratings membatasi peringkat terhadap perusahaan penerbangan dengan peringkat maksimal BBB (good credit quality). Industri penerbangan dianggap sebagai yang paling berisiko.

"Sebagus-bagusnya industri penerbangan, kami cap mereka di BBB, tidak ada yang A," kata Rating Director Fitch Ratings, Eddy Handali.

Menurut Eddy, sebuah perusahaan penerbangan merupakan perusahaan yang paling sangat padat modal (very capital intensive). Selain itu juga sangat tergantung pada kondisi makro ekonomi.

Bukan hanya industri penerbangan, Fitch yang merupakan lembaga perating internasional berbasis di Amerika Serikat ini juga memberikan batasan peringkat yang sama terhadap semua perusahaan pembiayaan (multifinance).

Eddy menjelaskan, emakin rendah peringkat maka semakin tinggi risiko gagal bayar dan berarti semakin besar pula imbal hasil yang diharapkan oleh investor.

Berikut urutan peringkat dari yang paling tinggi hingga yang paling rendah; AAA AA+ AA AA- A+ A A- BBB+ BBB BBB- BB+ BB BB- B+ B B- CCC+ CCC, CC+ CC CC- C+ C RD/D (Restricted Default/Default). (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)