Fecebook Dituduh Sembunyikan Informasi Negatif

Facebook, Mark Zuckerberg, dan Morgan Stanley dituntut oleh pemegang saham yang kecewa. Ketiganya dituduh menyembunyikan informasi negatif. Situs jejaring sosial ini merevisi angka pertumbuhan yang turun, namun tidak diungkapkan ke semua investor. Hanya investor pilihan yang diberitahu. Hal ini membuat pemegang saham Facebook berang dan mendaftarkan gugatan di pengadilan Manhattan, New York, seperti diberitakan BBC.

Para investor ini mengajukan gugatan secara class action atau berkelompok. Otorita keuangan Amerika Serikat sebelumnya mengatakan Morgan Stanley mungkin harus menjawab sejumlah pertanyaan sehubungan dengan informasi yang diungkapkan menjelang pelepasan saham perdana, Jumat (18/5) lalu. Morgan Stanley selaku penjamin emisi Facebook sudah mengatakan mereka memenuhi peraturan yang ada, namun belum memberi tanggapan atas gugatan hukum terbaru ini.

Facebook dituduh merevisi pendapatan menjadi lebih kecil karena peningkatan jumlah orang yang menggunakan peralatan telepon genggam untuk aplikasi dan internet.

Penjualan saham perdana Facebook pekan lalu sempat terganggu karena masalah teknologi di bursa saham Nasdaq. Setelah dilepas ke umum, harga saham Facebook anjlok sampai sekitar 11% karena dugaan dinilai lebih tinggi dari yang semestinya oleh para konsultan yang memasarkan saham.

Ketika dilepas pekan lalu, harga saham Facebook sebesar US$ 38 dan sempat menurun menjadi US$ 31 Selasa (22/5) dan meningkat lagi pada Rabu (23/5) menjadi US$ 32 ketika pasar Wall Street dibuka. Pelepasan saham Facebook merupakan perdagangan saham atau penawaran umum perdana (IPO) terbesar dalam sejarah AS dengan perolehan dana mencapai sekitar US$ 104 miliar. (BBC/Lila Intana)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)