Gunakan Metode EVA untuk Menilai Kinerja Saham Perusahaan

Acara Most Powerful and Valuable Company Award 2014 yang berlangsugn di Hotel JS. Luwansa Jakarta Acara Most Powerful and Valuable Company Award 2014 yang berlangssung Hotel JS. Luwansa Jakarta

Berdasarkan kriteria dan syarat yang telah ditentukan oleh Warta Ekonomi dalam pemilihan Most Powerful and Valuable Company Award 2014, terpilihlah 31 perusahaan terkemuka di Indonesia menjadi pemenang.

Perusahaan yang dipilih ialah perusahaan yang memiliki saham-saham yang jempolan. Selain memiliki likuiditas yang tinggi dan nilai kapitalisasi pasar yang besar, juga memiliki fundamental dan kinerja yang baik. Perusahaan-perusahaan tersebut diperkirakan mewakili 70-80% dari total nilai kapitalisasi pasar seluruh saham yang tercatat dalam Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dalam pemilihan perusahaan, Tim Riset Warta Ekonomi melakukan beberapa tahap analisa penting, metode yang digunakan ialah Economic Value Addes (EVA). EVA sendiri ialah ukuran nilai tambah ekonomis yang dihasilkan oleh perusahaan sebagai akibat dari aktivitas atau strategi manajemen.

Pemilihan EVA digunakan karena lebih memfokuskan perhatian ke upaya penciptaan nilai perusahaan dan menilai kinerja keuangan perusahaan secara adil yang diukur dengan mempergunakan ukuran tertimbang dari struktur modal awal yang ada. Dengan adanya EVA, maka pemilik perusahaan hanya akan memberi imbalan dari aktivitas yang menambah nilai dan membuang aktivitas yang merusak atau mengurangi nilai keseluruhan suatu perusahaan.

Untuk menentukan Most Powerful and Valueble Companies Award 2014, tim riset Warta Ekonomi juga melakukan beberapa tahap analisa penting, yaitu:
1. Screening Balance Shhet. Perusahaan yang baik memiliki Assets dan Equities yang terus bertambah tiap tahunnya.
2. Screening Income Statement. Memiliki operating profit dan net profit yang positif
3. Selain tiu juga dengan memperhatikan indikator earning per share (EPS), price to earning (P/E) ratio, dan price to book value (P/B).

Perusahaan yang menjadi pemenang pun memiliki kategori-kategori. Diantaranya agriculture, basic industry & chemical, consumer goods, infrastructure, mining, miscellaneous industry, property, dan trade. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)