Investor Obligasi: Ketahui Tips Membeli Obligasi Yang Bikin Untung

Foto: Istimewa/ilustrasi

Tips Membeli Obligasi: Investasi Jenis-jenis Surat Berharga Negara (SBN)

Tidak hanya menolong negara, melalui investasi obligasi atau Surat Berharga Negara (SBN), para investor bisa mendapatkan keuntungan berupa pengembalian dana dari kupon.

Berikut ini jenis-jenis Surat Berharga Negara (SBN):

#1 Savings Bond Ritel (SBR)

Sifat SBR, sesuai dengan namanya, memang mirip dengan tabungan (saving) atau deposito bank karena tidak bisa diperdagangkan di pasar sekunder.

Artinya, SBR hanya bisa dibeli pada masa penawaran dan disimpan hingga waktu jatuh tempo, kecuali investor memilih fasilitas early redemption (pencairan awal). Masa pencairan awal ini adalah pilihan dan biasanya bisa diambil setelah setahun berinvestasi.

Karena untuk ritel, investasi awal SBR sangat rendah, mulai dari Rp1 juta (unit) hingga 3 miliar rupiah (3000 unit). Biasanya, tenor dari SBR tidak terlalu panjang, seperti SBR006 yang terbit pada April lalu memiliki tenor 2 tahun saja.

Imbalan atau kupon SBR biasanya ditetapkan floating with floor atau mengambang dengan batas minimal.

#2 Obligasi Negara Ritel Indonesia (ORI)

Obligasi Negara yang bisa diperdagangkan oleh investor ritel.

Tujuan diterbitkannya ORI adalah untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat atau investor individual untuk secara langsung memiliki dan memperdagangkan secara aktif dalam perdagangan Obligasi Negara.

Halaman Selanjutnya
Kupon ORI bersifat tetap dan...
Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)