Lihat Produk Reksa Dana Jangan Hanya Satu Periode Saja!

Ketika mau memilih suatu produk investasi seyogyanya melihat kinerja produk itu dalam jangka waktu yang panjang. Jangan hanya dilihat dalam kurun waktu, misalnya, sebulan. Lihatlah performanya dalam durasi waktu setahun, bahkan lima tahun. Karena bisa jadi performa produk sedang menurun dalam waktu beberapa bulan, tetapi ternyata ciamik bila dilihat dalam waktu lima tahun. Demikian benang merah dari paparan yang disampaikan oleh Ridwan Soetedja, Direktur Panin Asset Management, dalam acara Market Outlook 2014 yang diselenggarakan oleh perusahaan pengelola reksa dana tersebut, di Jakarta, Kamis (6/2/2014).

panin asset management ridwan

"Kita harus melihat satu reksa dana, reksa dana apapun, bukan hanya dalam satu periode. Karena kalau kita menilai satu periode, kalau Anda ditawarkan reksa dana returnnya dalam satu tahun 43 persen. Anda akan bilang 'Oh, reksa dana Anda bagus sekali.' Tapi, sebaliknya kalau saya kasih lihat return suatu reksa dana hanya minus 0,38 persen dalam satu tahun, tentunya Anda berpikir reksa dananya jelek," terang Ridwan.

Dalam paparannya, ia pun mengangkat catatan performa dua produk Panin Asset Management, yaitu Panin Dana Maksima dan Panin Dana Prima. Terkait Panin Dana Maksima, berdasarkan hasil analisa Infovesta, untuk periode satu tahun per 31 Januari 2013 (yoy), return Panin Dana Maksima sebesar 11,6 persen, dan ada di rangking 30 dari 67 reksa dana. Bila return tersebut dimasukkan ke dalam kategori, di mana ada tujuh kategori dengan kategori 1 adalah reksa dana dengan return paling tinggi dan kategori 7 adalah reksa dana dengan return paling rendah, maka return Panin Dana Maksima (11,6 persen) masuk ke kategori empat.

Lalu bila data 12 bulan rolling return Panin Dana Maksima selama tahun 2013 digabungkan, hasilnya menjadi berbeda. "Ternyata setelah kami gabungkan 12 data, Panin Dana Maksima itu di kelompok 1 (yang berisi) sepuluh reksa dana paling tinggi, itu dua kali atau sebesar 16,67 persen. Kemudian, kelompok dua keluar angka 50 persen. Jadi, Panin Dana Maksima pada tahun 2012 sampai 2013, itu kalau dijumlah sebesar hampir 70 persen returnnya di atas rata-rata. Kenapa bisa di atas rata-rata? Karena rata-rata adalah kalau ada tujuh kelompok, maka kelompok 4 adalah reksa dana yang bisa dibilang kinerjanya cuma rata-rata," papar dia.

panin dana maksima 3.

"Tidak pernah return Panin Dana Maksima itu di bawah rata-rata. Bahkan, sama sekali tidak pernah ada di kategori yang paling buruk," ucap dia, melanjutkan. Kondisi ini juga ditemukan ketika melihat rolling return untuk lima tahun.

"Kalau dilihat absolut return selama lima tahun sampai Desember 2013, return Panin Dana Maksima itu 436,68 persen, sedangkan indeks hanya naik 200 persen, kemudian rata-rata reksa dana 169 persen."

panin dana maksima

"Berarti, Panin Dana Maksima memberikan hasil investasi dua kali lipat lebih besar daripada indeks, dan tiga kali lipat lebih besar daripada rata-rata reksa dana saham," tegasnya.

Sebagai informasi, Panin Asset Management adalah pengelola reksa dana swasta nasional nomor satu di Indonesia. Total assets under management (AUM) per akhir tahun lalu tercatat sebesar Rp 15,1 triliun. Untuk Panin Dana Maksima, nilai aktiva bersihnya per Desember 2013 tercatat sekitar Rp 6 triliun. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)