Pentingnya Peranan Pahlawan Finansial Keluarga Hadapi Resesi

Perencana Keuangan Ligwina Hananto

Pandemi COVID-19 berdampak luas pada ekonomi. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi Indonesia pada Kuartal II-2020 minus 5,32\% diikuti oleh Kuartal III-2020 minus 3,49\%. Akibat pertumbuhan ekonomi yang minus sebanyak dua kali berturut-turut, artinya Indonesia resmi mengalami resesi. Meskipun demikian, kita harus tetap optimistis  dalam menghadapi resesi.

QM Financial sejalan dengan semangat Hari Pahlawan, mengajak semua orang menjadi pahlawan finansial bagi keluarga dengan memiliki bekal literasi keuangan yang baik dan mampu melihat serta menangkap peluang yang ada agar berdaya secara finansial.

Lead Financial Trainer QM Financial, Ligwina Hananto mengatakan, resesi telah memberikan dampak yang luas bagi semua pihak. “Fokus kita saat ini adalah bertahan. Namun, tidak hanya itu, kita juga tentunya ingin mereka yang di sekeliling kita menjadi terbantu agar sama-sama bertahan di tengah resesi ini. Di sinilah peran kita sebagai pahlawan finansial sangatlah penting,” ujar dia (09/11/2020).

Financial Trainer QM Financial, Emiralda Noviarti mengungkapkan, ada 5 hal yang perlu dilakukan untuk menjadi pahlawan finansial di tengah resesi, yaitu periksa pintu penghasilan, atur ulang budget bulanan, amankan dana darurat, pastikan proteksi, dan periksa investasi.

Lebih lanjut Emiralda menjelaskan, pertama, proteksi pintu penghasilan utama dapat dilakukan dengan menganalisa kondisi tempat bekerja dan mencari cara menjadi solusi agar bisnis dapat tetap berjalan. Jika dirasa perlu, temukan peluang pintu penghasilan lain. Kedua, mengatur ulang bujet bulanan yang dilakukan dengan membagi pengeluaran dalam 5 pos utama yaitu cicilan, rutin, menabung/investasi, sosial, dan lifestyle. Kita perlu tetap berbelanja agar roda ekonomi terus berputar. Sisihkan juga untuk membantu sesama yang membutuhkan. Ketiga, memiliki dana darurat yang mencukupi.

“Untuk mendapat penghasilan tambahan, penting mengetahui perubahan perilaku konsumen yang saat ini lebih banyak #dirumahsaja, fokus pada hal mendasar, terkoneksi secara digital, dan memiliki empati sosial tinggi. Keempat, miliki proteksi dengan asuransi utama yaitu asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Kelima, review rencana dan performa investasi sesuai dengan tujuan finansial. Pahami instrumen investasi dan faktor risikonya agar bisa membantu tercapainya tujuan finansial dalam rentang waktu yang sudah kita tentukan sebelumnya,” Emiralda memaparkan.

Ligwina  menambahkan, agar berdaya secara finansial dan bisa menjadi pahlawan finansial bagi keluarga, penting untuk kita semua memiliki literasi keuangan. Untuk itu, QM Financial menjadi Your Financial Learning Partner.

Alumni kelas Financial Clinic Online QM Financial, Ariani Hanafiah mengatakan, "Saya mengikuti kelas di QM Financial sebagai bagian dari upaya untuk membentuk masa depan yang lebih terencana dan lebih baik. Dan itu terbukti! Saat ini saya sudah menerapkan berbagai ilmu yang saya dapat dari QM Finansial untuk mengelola keuangan. Hasilnya, saya merasa keuangan lebih tertata dan lebih yakin dalam mengambil keputusan untuk masa depan.”

www.swa.co.id           

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)