Perkuat Permodalan, PermataBank Terbitkan Obligasi Rp 7 Triliun

PT PermataBank Tbk menerbitkan obligasi dan obligasi subordinasi kepada masyarakat dengan penawaran awal maksimum sebesar Rp 1,5 triliun di akhir tahun. Obligasi ini adalah Obligasi Berkelanjutan I dan Obligasi Berkelanjutan II. Ditargetkan dari penerbitan kedua obligasi tersebut mencapai nilai Rp 7 triliun.

Untuk Obligasi Berkelanjutan I total target dana yang akan didapat sebesar Rp 3,5 triliun selama dua tahun. PermataBank berencana menerbitkan dua seri obligasi. Seri A berjangka waktu hingga 370 hari dengan tingkat kupon indikasi 9 persen – 10 persen per tahun. Sedangkan seri B, berjangka waktu hingga tiga tahun dengan tingkat kupon indikasi 9,5 persen – 10,5 persen per tahun.

permatabankcounter

Sementara itu, Obligasi Subordinasi Berkelanjutan II sendiri penawaran awal sebesar Rp 1 triliun dengan total target yang dicapai sebesar Rp 3,5 triliun dalam dua tahun ke depan. Obligasi Subordinasi ini berjangka waktu hingga tujuh tahun dengan tingkat kupon indikasi 11 persen-11,75 persen per tahun.

“Sisa dana yang diterima dari Obligasi Berkelanjutan I setelah dikurangi biaya emisi akan digunakan untuk penyaluran kredit. Lalu, dana yang diterima dari penawaran Obligasi Subordinasi berkelanjutan II akan digunakan sebagai modal pelengkap level bawah dengan jumlah maksimal sebesar Rp 800 miliar,” ujar Sandeep Jain, Direktrur Keuangan PermataBank.

Sandeep menambahkan kedua instrument ini dihargai sebesar 100 persen dari nilai nominalnya dengan pembayaran kupon yang dilakukan tiap tiga bulan. Penetapan final atas jumlah, tipe seri dari obligasi dan besarnya kupn akan dilakukan setelah selesai proses penawaran awal. “Penerbitan ini memungkinkan kami untuk mempertahankan struktur permodalan paska penyertaan modal dan likuiditas,” dia menguraikan.

Proses penawaran awal untuk obligasi dan subordinasi direncanakan akan berakhir hingga 10 Desember 2013 diikuti penawaran umum pada tanggal 19 Desember. Dilanjutkan dengan penjatahan yang rencananya pada 20 Desember 2013. Pembayaran dari investor kepada penjamin emisi dilakukan pada hasil kerja berikutnya di tanggal 23 Desember 2013. Pencatatan di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 27 Desember 2013. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)