Strategi Bank Mandiri Meningkatkan Kekayaan Share Holder

Tranformasi bisnis yang dijalankan Bank Mandiri sejak 2005 mampu membawa bank dengan aset terbesar di Tanah Air mencapai kinerja yang cemerlang, sehingga pertumbuhan pendapatan dan laba bersihnya selalu di atas rata-rata pertumbuhan industri. Apa saja yang dilakukan Bank Mandiri dalam meningkatkan kinerjanya, sehingga bisa meningkatkan kekayaan para share holder-nya? Pahala N. Mansury, Direktur Finance & Strategy PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menuturkannya kepada Ria Efriani Pratiwi:

Mandiri-Pahala

Apa saja yang Bank Mandiri lakukan untuk bisa meningkatkan kekayaan para shareholder-nya?

Sebagaimana diketahui, Bank Mandiri dalam kurun waktu 8 tahun belakangan ini telah melaksanakan strategi konsolidasi dan transformasi yang menyeluruh di seluruh aspek organisasi. Dengan program transformasi yang dilakukan sejak tahun 2005, kami telah bertransformasi menjadi sebuah organisasi yang bukan hanya memiliki kinerja yang baik namun juga memiliki pondasi kuat untuk berkembang secara berkelanjutan dalam jangka panjang.

Salah satu displin yang diterapkan adalah disiplin dalam membangun kinerja, baik itu dalam bentuk KPI maupun memastikan bahwa unit kerja accountable untuk kinerja keuangan yang biasa disebut sebagai contribution margin. Selain itu, proses planning juga dipastikan agar setiap unit meningkatkan kinerja apabila mengharapkan resource, baik dalam bentuk modal, human resources maupun capital expenditure (IT dan non IT).

Proses transformasi yang telah dilaksanakan tersebut hingga saat ini telah berhasil mengantarkan Bank Mandiri menjadi bank terkemuka di Indonesia. Dengan kerja keras dan kedisplinan, kami berhasil mencatat perbaikan kinerja dan meraih berbagai prestasi penting sehingga mendapat apresiasi yang tinggi dari investor.

Beberapa indikator memperlihatkan bahwa Bank Mandiri menunjukkan progress yang baik selama proses transformasi berjalan, yang merupakan janji kepada para stakeholders. Hal tersebut tercermin antara lain pada nilai market capitalization Bank Mandiri yang berhasil menembus Rp250,8 triliun atau US$25,8 miliar pada 18 April 2013 dimana harga saham BMRI mencapai Rp10.750.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)