Tips Menambah Income untuk Freelancer

Foto: Istimewa/ilustrasi

Akhir-akhir ini pekerjaan menjadi seorang freelancer diminati oleh banyak orang. Perkembangan teknologi yang semakin canggih, membuat setiap orang lebih mudah untuk memperoleh penghasilan. 

Tetapi tentu saja berbekal dengan keahlian maupun profesi yang tengah dijalankan. Jika dibandingkan dengan pegawai biasanya, menjadi seorang freelancer memiliki keuntungan tersendiri yang mungkin tidak dimiliki oleh profesi-profesi lainnya.

#KEUNTUNGAN MENJADI FREELANCER

Selama bekerja, kamu bisa menempatkan dirimu sebebas dan senyaman mungkin. Misalnya bekerja di tempat tidur, pakaian santai, menikmati sajian menu di rumah sambil menonton televisi, dan masih banyak fleksibilitas lainnya.

Sehingga kegiatan bekerja untuk menuntaskan project-project dari klien akan jauh lebih santai dan menyenangkan.

Seorang pegawai atau karyawan yang bekerja di suatu perusahaan terpaku pada aturan-aturan yang berlaku. Misalnya jam masuk, jam pulang, meja kerja, jobdesc, organisasi, dan masih banyak lagi aspek-aspek lainnya.

Belum lagi tekanan dari atasan serta target-target yang harus tercapai. Berbeda dengan freelancer yang memiliki waktu yang jauh lebih fleksibel. Seorang freelancer dapat mencanangkan dan merencanakan waktu kerja sesuai yang diinginkannya.

Asalkan project dapat selesai tepat waktu untuk dikirimkan ke klien

Seorang freelancer dapat mengerjakan suatu project lebih dari satu perusahaan. Sehingga hal tersebut dapat berpengaruh positif terhadap income yang akan didapatkan. Salah satunya adalah seorang freelance content writer. Mereka bisa menulis di beberapa platform online yang berbeda.

Seberapa banyak penghasilan yang akan diterima oleh seorang freelancer, bergantung pada banyaknya pekerjaan serta nilai pekerjaannya. Apabila kamu bisa memaksimalkan potensi yang satu ini, dijamin pundi-pundi rupiah akan kamu dapatkan juga bertambah besar pula.

Bahkan berpotensi untuk melebihi gaji dari seorang pegawai sekali pun.

Selain keuntungan, ada juga kekurangan menjadi pekerja freelancer, diantaranya adalah pekerjaan yang tak menentu, dan income yang tak menentu. Oleh karena itu, diperlukan kemampuan untuk menemukan serta memaksimalkan berbagai peluang sudah harus dimiliki. Supaya penghasilan yang didapatkan juga maksimal serta sesuai dengan apa yang diharapkan. 

Menurut Rizqi Syam, CFP selaku Perencana Keuangan Finansialku.com, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menambah penghasilan sebagai seorang freelancer. Berikut diantaranya:

Syarat pertama jika ingin berprofesi sebagai freelancer adalah ketahui terlebih dahulu skill yang kamu miliki. Skill tersebut bisa dijadikan modal untuk bisa  mendapatkan project demi project dari para klien sesuai yang dibutuhkan.

Misalnya keahlianmu dalam bidang fotografi, maka kamu bisa berprofesi sebagai freelance fotografer, kemudian kemampuan desain grafis, maka kamu bisa mengerjakan projectproject desain. Supaya kemampuanmu dapat dipertimbangkan dengan baik oleh calon klien, maka sertakan pula portofolionya.

Kemudian, teman-teman freelancer bisa belajar dari prinsip Ikigai. Yakni sebuah prinsip dalam menjalankan kehidupan yang cukup terkenal dari Jepang. Bahkan seringkali Ikigai diekspresikan sebagai “alasan bangun di pagi hari”.

Prinsip Ikigai sendiri antara lain passion, mission, profesi, vocation. Kamu bisa menginterpretasikan prinsip-prinsip tersebut untuk menjalankan pekerjaan sebagai seorang freelancer.

Prinsip Ikigai di antaranya, pertama, dalam menjalankan sebuah profesi maka apakah pekerjaan tersebut bisa menghasilkan uang. Kedua, dalam memperoleh pekerjaan pertimbangkan apa keahlian yang kamu miliki.

Kemudian, yang ketiga, apakah pekerjaanmu bermanfaat bagi banyak orang? Dan yang terakhir adalah apa pekerjaan yang kamu sukai? Akan tetapi untuk mengawali karir, cobalah prioritaskan pekerjaan yang dapat menghasilkan uang.

Kemudian jika sudah menjalaninya dalam waktu yang lama serta perencanaan keuangan sudah berhasil dilakukan, maka kamu boleh mempertimbangkan sisi idealisme serta hal-hal yang kamu sukai.

Artikel ini diproduksi oleh tim finansialku.com untuk swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)