Astra Agro Bagikan Dividen Rp 716 per Saham

PT Astra Agro Lestari Tbk membagi dividen sebesar Rp 716 per saham dari kinerja tahun buku perseroan tahun 2014 yang diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham di Jakarta, Selasa (14/4/2015).. Dividen itu sudah termasuk dividen interim sebesar Rp 244 per saham yang telah dibayarkan pada 28 Oktober 2014.

"RUPS hari ini memutuskan untuk membagikan dividen sisanya sebesar Rp 472 per saham pada 15 Mei 2015. Para pemegang saham yang menerima dividen adalah mereka yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham perseroan pada 24 April 2015," ujar Presdir Astra Agro Widya Wiryawan dalam keterangan tertulisnya. RUPS perseroan juga memutuskan pengangkatan sejumlah direksi dan komisaris diantaranya Widya Wiryawan sebagai Presdir serta Prijono Sugiarto sebagai Presiden Komisaris

sawit1

Laba bersih Astra Agro di tahun 2014 sebanyak  Rp 2.5 triliun, naik 39% apabila dibandingkan tahun 2013 sebesar Rp 1.8 triliun.  Laba bersih ditunjang peningkatan  produksi minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) perseroan yang mencapai 1.74 juta ton, atau tumbuh 13.3% dibandingkan tahun 2013. Harga jual rata-rata CPO Astra Agro di tahun lalu juga naik sebesar 14%, menjadi Rp 8.283 per kg dari sebelumnya Rp 7.277 per kg.

Performa itu menangkat pendapatan bersihnya sebanyak Rp 16.31 triliun dari Rp 12.67 triliun di tahun 2013.  Tahun lalu, perseroan bisa merealisasikan program intensifikasi, mekanisme dan otomasi sehingga produksi buah tandan segar (TBS) dan CPO perseroan yang mencatatkan pertumbuhan.

Perseroan berencana menambah dua pabrik pengolahan demi meningkatkan kapasitas produksinya di tahun ini. Perusahaan perkebunan yang berkode AALI di Bursa Efek Indonesia ini akan membangun dua pabrik berkapasitas masing-masing 45 ton per jam di Sulawesi Tengah dan Kalimantan Selatan.  Untuk biaya pembangunan pabrik itu,  perseroan mengalokasikan anggaran sebesar US$ 20 juta- US$ 24 juta. Astra Agro menyiapkan  belanja modal sebesar Rp 3 triliun untuk mengembangkan upaya penanaman baru dan berulang (replanting) kelapa sawi di kebun perseroan, pengembangan produk dan pabrik kelapa sawit di wilayah-wilayah baru, serta membangun sejumlah infrastruktur di sekitar area tanam.

Astra  Agro  adalah  anak  perusahaan  PT  Astra  International  Tbk,  yang   bergerak di bidang agribisnis khususnya pengelolaan   perkebunan kelapa sawit dan produksi minyak kelapa sawit.  Perusahaan berdiri  sejak  34  tahun  yang  lalu dan mengelola  perkebunan  kelapa sawit  yang  tersebar  di  Sumatera,  Kalimantan,  dan   Sulawesi, serta menghasilkan produk minyak sawit  mentah  (CPO)  berkualitas  tinggi  untuk  memenuhi   kebutuhan pasar dalam negeri maupun luar negeri. Selain  memproduksi  CPO,  Perseroan  juga  telah   memproduksi produk turunan minyak sawit melalui  pabrik pengolahan minyak sawit ( refinery ) yang telah  dibangun di Sulawesi Barat. Produk turunan minyak  sawit ini ditujukan untuk memenuhi permintaan pasar ekspor.  (***)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)