BEI Segera Hadirkan Indeks Ekspor

Bursa Efek Indonesia (BEI) saat ini tengah menggodok indeks saham yang berorientasi ekspor. Diperkirakan indeks ini akan diluncurkan tiga bulan mendatang.

Ide membentuk indeks ekspor ini lahir sebagai bentuk partisipasi bursa dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. "Pembentukan indeks saham emiten itu dengan fokus yang berorientasi pada ekspor, hal itu salah satu cara untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, selain didorong juga dari infrastruktur," ujar Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia, Friderica Widyasari Dewi.

Indeks ekspor ini ada untuk menyusul indeks yang baru saja diresmikan, yakni indeks infrastruktur (SMinfra18) yang terdiri dari 18 emiten infrastruktur.

“Pendorong ekonomi domestik tidak hanya berfokus pada pembangunan infrastruktur, tapi  dari sisi ekspor juga harus ditingkatkan. Kondisi itu yang memicu Bursa juga akan meluncurkan indeks ekspor,” katanya.

Indeks SMinfra18 bekerja sama dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) dan akan dikaji ulang setiap dua tahun sekali.

Logistik dan infrastruktur merupakan agenda yang mendesak bagi perkembangan ekonomi Indonesia. Pada September 2012 lalu, McKinsey Global Institute (MGI) meramalkan Indonesia akan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi ketujuh terbesar di dunia pada 2030 mendatang. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)