Berlian "Mars Pink" Terjual Rp 162 Miliar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berlian merah jambu (pink) dikenal sebagai berlian yang paling langka di dunia. Tak heran jika harga batu mulia ini sangatlah mahal. Rumah lelang Christie's berhasil menjual berlian yang diberi nama “Mars Pink” berukuran 12 karat dengan harga US$17,3 juta atau sekitar Rp 162,3 miliar pada Selasa (29/5).

Mars Pink dibeli melalui telepon oleh orang yang identitasnya sejauh ini belum diumumkan. Christie's mengatakan berlian ini sangat langka dan ini untuk pertama kalinya mereka melelang jenis ini.

Rahul Kadakia dari bagian lelang perhiasan Christie's menggambarkan bagaimana proses penawaran berjalan sensasional. "Berlian ini mencapai nilai tinggi di Hongkong karena banyak orang kaya di Cina dan Asia Tenggara yang sangat berminat mengoleksi berlian. Persaingan untuk mendapatkan berlian merah jambu sangat seru. Kami tadinya memperkirakan akan terjual HKD$ 16 juta. Ternyata ketika lelang berakhir, harganya menembus HKD$ 120 juta," kata Rahul.

Berlian langka itu pernah dipamerkan di berbagai negara dan menarik banyak perhatian internasional. Diberi nama Mars Pink pada 1976 oleh pengusaha dan ahli perhiasan Amerika Serikat, Ronald Winston, sebagai tanda perayaan misi Amerika ke Planet Mars pada tahun tersebut.

Ratu Elizabeth dari Inggris diketahui memiliki berlian merah jambu dengan ukuran yang hampir sama, sebagai hadiah pernikahan pada 1947. (BBC/Lila Intana)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)