Bidik Investor Ritel, BEI Gelar Gemilang Investa Bursa

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan sebuah terobosan baru yang diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menjadi investor di pasar modal. Gemilang Investa Bursa, sebuah program undian berhadiah yang diperuntukkan bagi investor baru, existing investor yang mengajak orang lain menjadi investor di pasar modal serta sales equity.

Direktur Pengembangan BEI, Friderica Widyasari Dewi, mengatakan, target program ini adalah investor ritel domestik, khususnya instrumen saham. Menurutnya, respons masyarakan cukup baik terhadap program ini.

Di tahap pertama, sebanyak 4.453 kupon diundi, investor yang berpartisipasi ada 109 dan sales equity 1.255. Program Gemilang Investa Bursa ini akan diundi setiap tiga bulan dalam satu tahun.

Selain BEI, program ini juga didukung oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Berbagai hadiah yang ditawarkan antara lain mobil Honda CRV terbaru, 3 Toyota Avanza, 4 sepeda motor Piagio Zip dan lain-lain.

BEI mengharapkan program ini dapat meningkatkan jumlah investor di pasar modal.  Pada tahap awal, yakni periode 3 desember 2012 hingga 28 Februari 2013, ada pembukaan single investor id (SID) sebanyak 17.672 SID.

"Kami berharap jumlah investor di pasar modal totalnya dapat mencapai 2 juta investor yang berasal dari investor saham dan obligasi pada 2015," kata Friderica, di Jakarta, Selasa (5/3).

Sementara itu, berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), jumlah sub account mencapai 369.832 sub account pada Februari 2013 dari periode Januari 2013 mencapai 363.566 sub account. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)