Cek 3 Hal Ini untuk Mengetahui Kondisi Keuangan

Foto: Istimewa

Semenjak pandemi melanda, banyak pihak yang mengalami kerugian termasuk dari segi finansial. Kehilangan pekerjaan, pendapatan yang menurun drastis hingga kebangkrutan adalah beberapa dampak yang banyak dijumpai.

Tidak adanya persiapan menghadapi masa krisis semakin menambah beban. Banyak orang harus bersusah payah untuk bertahan hidup.

Maka dari itu, memiliki sistem keuangan yang baik sangat diperlukan. Sehingga ketika dihadapkan pada kondisi mencekik seperti ini, sedikit banyak bisa teratasi dengan baik.

Datangnya pandemi Covid-19 menyadarkan banyak orang pentingnya merencanakan keuangan dan memiliki dana darurat.

Tapi sebelum kesana, ada satu yang yang perlu dilakukan, yaitu mengecek kesehatan keuangan.

Ya, bukan hanya manusia, ternyata keuangan pun dapat sakit.

Oleh karenanya dengan mengecek kondisi keuangan kamu dapat mengetahui apakah keuanganmu sehat atau sakit.

Lalu bagaimana cara mengetahui kondisi keuangan? Perencana keuangan Finansialku, Rizqi Syam, CFP® membagikan 3 hal yang harus kamu ketahui untuk memeriksa kesehatan keuanganmu.

3 Rasio Dasar Kesehatan Keuangan

Secara umum untuk mengecek keuangan kamu perlu memperhatikan dan menghitung 3 rasio, yaitu rasio tabungan, rasio solvabilitas, dan rasio utang terhadap aset.

Rasio tabungan

Langkah pertama coba cek apakah rasio tabungan kamu sudah sehat atau belum. Rasio tabungan sendiri adalah jumlah tabungan yang kamu miliki lebih besar dari pengeluaranmu. Jika tabunganmu sudah lebih besar dibandingkan pengeluaranmu, maka kamu lolos dari tahap pengecekan ini.

Rasio solvabilitas

Kedua, cek rasio solvabilitas. Rasio ini berhubungan dengan seberapa besar kemampuan melunasi utang dengan menggunakan jumlah kekayaan yang dimiliki saat ini. Pastikan kamu mampu membayar utang tepat waktu.

Rasio utang terhadap aset

Langkah terakhir ini kurang lebih mirip dengan sebelumnya. Rasio utang terhadap aset adalah perbandingan jumlah utang dengan jumlah aset yang kamu punya. Keuanganmu dapat dikatakan aman apabila aset yang kamu miliki lebih besar daripada utang. Jika kamu berhasil melewati ketiga tahapan tersebut, maka keuanganmu dapat dikatakan sehat. Tetapi, cara yang sudah disebutkan tadi hanya langkah sederhana. Masih ada cara – cara lainnya yang lebih presisi untuk menentukan kesehatan keuanganmu lengkap dengan solusi untuk mengatasi masalahnya. Salah satunya kamu dapat melakukan financial check-up di aplikasi Finansialku. (Mutiara Ramadhanti)

Artikel ini diproduksi oleh tim finansialku.com untuk swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)