Citi Gelar Financial Education Series

Senior Vice President Retail Investment & Consumer Treasury Head, Citi Indonesia, Harsya Prasetyo,

Berinvestasi merupakan salah satu cara terbaik dalam membangun keuangan. Investasi yang bijak dimulai dengan pengetahuan yang baik. Untuk memperkaya pengetahuan nasabahnya, Citi menyelenggarakan rangkaian kegiatan pendidikan finansial (Financial Educations Series) di Hotel Four Season, Jakarta, Selasa (15/5).

Financial Educations Series yang merupakan kegiatan tahunan ini bertujuan untuk membantu nasabah Citi dalam memahami psikologi investor dan alternatif investasi yang tersedia.

Senior Vice President Retail Investment & Consumer Treasury Head, Citi Indonesia, Harsya Prasetyo, mengatakan ada sekitar 400 nasabah yang ikut ambil bagian dalam Financial Educations Series. Mereka merupakan bagian dari 20 ribu nasabah Citigold di seluruh Indonesia.

"Dengan investasi yang optimal, investor akan mencapai kondisi keuangan yang sehat. Kami percaya kuncinya terletak pada pengetahuan yang memadai dalam keputusan investasi, baik bagi investor berpengalaman maupun investor baru," ujar Harsya.

Financial Educations Series terbagi dalam dua kelas terpisah, untuk kelas investor pemula dan investor advance (mahir). Di kelas-kelas tersebut dijelaskan mulai dari pengantar tentang investasi, serta tentang perkembangan pasar terkini.

Investor juga memainkan permainan bursa yang memberikan kesempatan untuk berpartisipasi secara aktif dalam sebuah simulasi yang menekankan pentingnya disiplin. Disiplin kerap dilupakan investor ketika mereka tergoda untuk "time the market". Dalam banyak kasus, hal ini menyebabkan tingkat pengembalian yang kurang optimal dan bahkan berpotensi menyebabkan kerugian.

"Kesempatan berinvestasi tersedia bila investor mampu berinvestasi secara bertanggung jawab dan memahami psikologi investor, khususnya di pasar yang sangat dinamis. Investor juga harus disiplin untuk menyimpan dana darurat yaitu dana sebesar 12 bulan pengeluaran kita. Kenapa 12 bulan? Karena biasanya orang butuh 6-12 bulan utk mencari kerja baru," tambah Harsya. (Lila Intana/EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)