Dana Perlindungan Pemodal, Infrastruktur Baru di Pasar Modal Indonesia

Berlokasi di Menara Global Jakarta,  peluncuran Dana Perlindungan Pemodal (DPP) yang diselenggarakan oleh PT P3IEI yang juga dikenal dengan Indonesia Securities Investor Protection Funda (Indonesia SIPF), secara resmi kini menjadi bagian dari infrastruktur di pasar modal Indonesia. Dalam acara ini juga dibarengi dengan seminar bertema The Excellence Service of Reliable Capital Market Industry.

Peluncuran DPP mengedepankan I SECURE atau Integrity, Service Excellence, Customer Focus dan Reliable sebagai nilai perusahaan.

Bursa OJK

Indonesia SIPF yang kini menjadi bagian dari infrastruktur di pasar modal Indonesia ini telah diterbitkan dan ditetapkan oleh Izin Usaha selaku Penyelenggara Dana Perlindungan Pemodal sebagaimana tertuang dalam Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor Kep-43/D.04/2013 tentang pemberian Izin Usaha Penyelenggara Dana Perlindungan Pemodal kepada PT Penyelenggara Program Perlindungan Investor Efek Indonesia (PT P3IEI).

Nurhaida, Kepala Eksekutif pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan , menjelaskan, untuk tahun 2014 ini, Indonesia SIPF sudah menyusun tata kelola perusahaan (Good Corporate Governance) dan Standard Operation Procedure (SOP).  “Kami berharap,  P3IEI dapat menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahan yang baik serta dapat bersinergi dengan para stakeholder di pasar modal Indonesia, untuk menciptakan industri pasar modal yang teratur, wajar, efisien dan mempunyai tingkat kredibilitas dunia,” ujarnya saat meluncurkan DPP di pasar modal Indonesia.

Dengan diluncurkannya DPP  per Januari 2014, Indonesia SIPF dapat melaksanakan kewenangannya untuk menjadi penyelenggara DPP di Indonesia yang terpercaya, untuk meningkatkan keamanan berinvestasi di pasar modal Indonesia, sebagaimana visi dan misi Indonesia SIPF.

Keberadaan Indonesia SIPF tersebut juga diharapkan dapat menjadi salah satu lembaga pendukung utama dalam infrastruktur pasar modal di Indonesia, sehingga dapat memberikan jaminan keamanan atas aset yang dimiliki oleh Investor atau pemodal, yang secara langsung dapat meningkatkan jumlah investor atau pemodal dan capital inflow untuk meningkatkan perekonomian nasional. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)