Hati-hati, IHSG Bisa Terkoreksi ke 4.300 Jelang Pemilu

Pemilihan umum sebenarnya akan berlangsung tahun 2014. Tapi, gejolak perpolitikan sudah mulai dari sekarang. Hal itu bisa berimbas kepada pergerakan pasar modal di Tanah Air. Edwin Sebayang, Head of Research Division PT MNC Securites, memprediksi IHSG akan terkoreksi ke posisi 4.300-an pada semester kedua tahun ini.

Edwin Sebayang, Head of Research Division PT MNC Securites

“Semester kedua nanti, menurut kami agak mulai volatile, karena kan di semester kedua nanti sudah mulai muncul daftar calon tetap (DCT) atau DCS (daftar calon sementara) kan muncul bulan April, tapi kan masih bisa berubah. DCT bulan Agustus kalau nggak salah," sebut Edwin, di Bursa Efek Indonesia, Jumat (22/2/2013).

Edwin berpendapat, IHSG akan bisa mencapai 4.700 di akhir Juni. Akan tetapi, ia memprediksi angka tersebut akan terkoreksi menjadi di level sekitar 4.300 pada semester kedua. Itu terjadi, salah satunya, karena kondisi menjelang pemilu.

Menurut dia, kondisi pemilu tahun depan sama seperti yang terjadi pada tahun 2004. Di mana, calon presidennya belum diketahui secara pasti. Bagi pasar modal, kondisi ini merupakan suatu volatilitas yang tinggi. “Investor asing pun sudah mulai agak sedikit ngerem,” lanjutnya.

Edwin pun melihat bahwa, “Di semester kedua nanti, di samping sudah selesai pembagian dividen, beberapa emiten. Itu pasti mereka akan pelan-pelan akan pull out, pull back dari market (misalnya, pindah dari pasar modal ke pasar obligasi). Dan itu saya lihat ada koreksi bagi market. Kalaupun terjadi koreksi itu (IHSG) mungkin akan bertahan di level 4.300-an.”  

Selain itu, ia pun menyebutkan, keberadaan pemilu pada tahun depan membuat sejumlah perusahaan akan berusaha melakukan penawaran saham perdana (IPO) pada tahun ini. Karena itu, Edwin pun berharap, di tahun ini, perusahaan yang melakukan IPO akan berjumlah lebih dari 25 perusahaan. “Dari sisi IPO, akan ramai di tengah semester kedua nanti, karena mereka push supaya tidak masuk di 2014," tandasnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)