Inilah Strategi Pertumbuhan Bisnis 50% Solusi Tunas

“Tahun 2013 manajemen PT Solusi Tunas Pratama (STP) Tbk. siap menjalankan strategi pertumbuhan bisnis 50% dengan cara penambahan tower secara organik dan akuisisi," ujar Nobel Tanihaha, Direktur Utama STP. Setiap tahun biasanya jumlah tower bertambah sekitar 6.000-an tower.

Sekadar informasi, STP menargetkan pertumbuhan pendapatan tahun ini sebesar 50% dari estimasi pencapaian pendapatan 2012.Tahun lalu pendapatan naik 50% atau sekitar Rp 496,5 miliar dari pendapatan tahun 2011 sekitar Rp 331 miliar. Kenaikan itu ditopang dari pertumbuhan menara (tower) perseroan.

Bulan Oktober 2011, STP telah mencatatkan seluruh sahamnya di Bursa Efek Indonesia dengan kode “SUPR”. Tahun 2012, perseroan melaksanakan rights issue atas 135 juta lembar saham. Untuk meningkatkan kinerjanya, STP mengakuisisi PT Platinum Teknologi yang berinvestasi pada jaringan Fiber Optic Network dan Microcell Pole yang membawa perseroan menjadi salah satu dari tiga perusahaan yang diberikan izin oleh pemerintah DKI Jakarta untuk mengoperasikan Microcell Pole di Jakarta. Hingga saat ini, perseroan memiliki jaringan fiber optic sepanjang kurang lebih 900 km yang berada di Jakarta, Bandung dan submarine Batam – Singapura.

Sampai dengan tahun 2012, STP telah mengoperasikan 2.246 sites, dengan 3.459 penyewaan. Tower tenancy ratio  STP sebesar 1.62x di akhir tahun 2012, dimana masih tersedia peluang yang cukup tinggi untuk perseroan meningkatkan pertumbuhan penyewaan secara kolokasi. “Sebesar 70% portofolio kami berlokasi strategis di wilayah Jakarta dan sekitarnya yang merupakan daerah dengan kepadatan tertinggi akan penduduk dan kebutuhan sarana telekomunikasi,” kata Nobel Tanihaha, Direktur Utama PT Solusi Tunas Pratama Tbk.

Seiring dengan berkembangnya bisnis, pendapatan STP pada kuartal III tahun 2012 tercatat Rp 351 milliar. Pendapatan ini merupakan hasil dari pertumbuhan penyewaan selama tahun 2012 yang mengalami kenaikan sebesar 63% dibandingkan dengan tahun sebelumnya sejumlah 2.117 penyewaan menjadi 3.459 penyewaan. “Hal ini juga seiring dengan perkembangan sites kami yang mengalami pertumbuhan sebanyak 57% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya sejumlah 1.428 menjadi 2.246,” Nobel  menambahkan.

STP didirikan tahun 2006, dengan pertumbuhan sektor telekomunikasi yang sangat pesat mendorong permintaan untuk infrastruktur jaringan. Sejak awal, STP berusaha untuk memperluas usaha melalui pengembangan dan pembangunan menara telekomunikasi serta akuisisi menara yang ada lainnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)