Kalbe Farma Bertumpu pada Inovasi

PT Kalbe Farma Tbk, salah satu perusahaan yang cukup berhasil menjaga WAI (wealth added index) selalu positif. Apa saja strategi yang dijalankan Kalbe Farma? Vidjongtius, Finance Director PT Kalbe Farma, menuturkannya kepada Fardil Khalidi:

KalbeVidjong-Utama

Bagaimana kiat PT Kalbe Farma meningkatkan kekayaan para shareholder-nya, serta bagaimana agar harga saham tetap terjaga capital gain-nya?

Strategi utamanya adalah inovasi untuk menciptakan produk dan layanan new service berbeda dan yng memberikan nilai tambah kepada konsumen yang dituju. Inovasi ini penting sekali karena memberikan kesinambungan pertumbuhan bisnis Kalbe di masa mendatang.

Mengenai cost structuring, seperti apa management-nya, yakni kapan sebaiknya memilih menggunakan modal sendiridan kapan menggunakan utang?

Karena cash generation relatif positif dan nilai belanja modal (capex) setiap tahun cukup terkelola dengan baik, maka Kalbe lebih memilih pendanaan modal sendiri bila dibandingkan dengan menggunakan utang.

KalbeVidjong2

Bagaimana cara PT Kalbe Farma mengelola cost of equity (biaya modal) agar efisien?

Kuncinya adalah alokasi investasi yang berpotensi memberikan imbal hasil yang lebih baik dan lebih cepat. Hal tersebut juga dibarengi dengan kemampuan menganalisa kekuatan finansial sendiri, termasuk dari segi liabilitas serta pertumbuhan aset. Ini sangat penting, terutama dalam pengambilan keputusan, misalnya seperti apa alokasinya, serta seperti apa komposisinya.

Bagaimana strategi PT. Kalbe Farma dalam memilih investasi/portfolio proyek yang berpengaruh bagus bagi perusahaan, terutama untuk belanja modal (capital expenditure) agar tidak menurunkan kinerja WAI (wealth added index) perusahaan?

 Terdapat beberapa kriteria dalam hal alokasi investasi atau portofolio misalnya di antaranya adalah potensi produknya, target konsumennya, tingkat profitabilitasnya, alokasi investasi, penguasaan teknologi. Dengan berbagai parameter tersebut dan dijalankan dengan tepat, maka hasil keuangan pasti memberikan yield yang positif. (***)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)