Aset Kelolaan KSEI Naik 21,18%

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) sepanjang 2012 mengelola total aset mencapai Rp 2.735,97 triliun atau meningkat 21,18% dibandingkan periode yang sama 2011 sebesar Rp2.257,75 triliun (data per 26 Desember).

Jumlah Single Investor Identification (SID) juga meningkat menjadi 281.438 rekening pada Desember 2012 dibandingkan akhir Januari 2012 atau sebelum kewajiban kepemilikan SID efektif diberlakukan, sebesar 248.151 rekening.

Direktur Utama KSEI, Ananta Wiyogo, menjelaskan, pada Januari hingga Februari 2012, program-program yang terkait dengan SID yakni, fasilitas AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) dan Pemisahan Rekening Dana Nasabah (RDN) telah diimplementasikan. "Program-program ini sangat dibutuhkan dan saling berkaitan karena berhubungan erat dengan perlindungan investor," kata Ananta.

Penerapan SID dan fasilitas AKSes ini, erat kaitannya dengan implementasi pemisahan RDN yang dimulai sejak 1 Februari 2012. "Terhitung sejak tanggal tersebut, perusahaan efek diwajibkan membukakan RDN pada bank pembayaran yang bekerja sama dengan KSEI," terangnya.

Dengan dibukanya RDN, maka nasabah dapat melakukan pemantauan atas saldo dan aliran dana yang digunakan untuk melakukan transaksi dan penyelesaian transaksi efek melalui fasilitas AKSes.

"Namun tantangan yang yang masih dihadapi KSEI adalah bagaimana meningkatkan kesadaran nasabah dalam menggunakan fasilitas ini, di mana dari 281.438 nasabah yang tercatat per 26 Desember 2012, baru sekitar 12% yang sudah melakukan login ke fasilitas AKSes. Di 2013 kami akan terus melakukan sosialisasi dan menargetkan adanya penambahan jumlah investor yang login," jelasnya.

KSEI juga melakukan beberapa program pengembangan untuk meningkatkan aktivitas login investor seperti program undian berhasil Kartu AKSes, sosialisasi kepada perusahaan efek dan lain sebagainya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)